Terungkap, BNPT Ajukan Pinjaman Luar Negeri Rp2,328 Triliun untuk Anggaran 2023

Rabu, 31 Agustus 2022 - 11:32 WIB
loading...
A A A
"Terima kasih pimpinan, segera kita komunikasikan dengan Kementerian Keuangan untuk mengubah yang bersumber dari dalam negeri. Dan sebagai informasi, lembaga keuangan yang ada pun nantinya akan kami ajak untuk bicara dengan Kementerian Keuangan sebagai tindak lanjut," kata Boy.

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi III DPR Habiburokhman yang tidak setuju dengan pinjaman luar negeri. Dia menanyakan apakah hal seperti ini pernah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya.

"Pak Kepala BNPT, tentu saya menyoroti benar yang soal tadi pinjaman luar negeri, jumlahnya sangat signifikan. Saya juga enggak ngerti apakah sebelumnya pernah Pak ini dan terlaksana?" katanya.

Habiburokhman mengingatkan bahwa dari segi nasionalisme, tidak tepat jika BNPT sebagai institusi negara yang menjalankan tupoksi sangat penting, pembiayaan harus independen dari dalam negeri, serta menghindari sejauh mungkin potensi intervensi pihak luar.

"Nah kita paham, nah ini kita tahu, banyak namanya bantuan, walaupun pinjaman, walaupun kita bayar bunga dan lain sebagainya, tetap saja membuka peluang intervensi ya dari pihak luar," ujarnya.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)