DPR Minta Kasus Tewasnya WNA Peru Diusut Tuntas

Minggu, 28 Agustus 2022 - 07:02 WIB
loading...
DPR Minta Kasus Tewasnya WNA Peru Diusut Tuntas
Rodrigo Ventocilla, mahasiswa transgender lulusan Harvard Kennedy School asal Peru, tewas di Bali, Indonesia. Foto/Courtesy of Harvard Kennedy School
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari meminta Mabes Polri mengusut kasus tewasnya warga negara asing ( WNA ) asal Peru Rodrigo Ventocilla (32) saat menjadi tahanan Polda Bali. Rodrigo Ventocilla merupakan aktivis transgender yang juga siswa Harvard Kennedy School.

"Saya mendapat informasi kasus tewasnya aktivis Rodrigo Ventocilla. Yang bersangkutan sebelumnya ditangkap dan ditahan sejak 6 Agustus atas dugaan kepemilikan makanan yang diduga mengandung ganja," kata Taufik dalam keterangannya yang dikutip Minggu (28/8/2022).

Ia juga meminta Polda Bali menjelaskan secara transparan kepada publik serta menangani persoalan itu secara profesional dan akuntabel. Taufik juga meminta pihak kepolisian dapat bekerja profesional.





Apalagi kasus itu melibatkan warga negara asing. Ia merasa kasus itu akan menjadi sorotan internasional. Dia menjelaskan, kondisi kesehatan, perlindungan keamanan, serta keberlangsungan hidup seorang tahanan adalah tanggung jawab pihak yang melakukan penahanan.

“Sehingga, apabila ada kematian dalam tahanan maka hal tersebut adalah persoalan serius dan harus dijelaskan sedetail-detailnya mengenai mengapa dan apa penyebab kematiannya,” kata Taufik.

Kendati demikian, Taufik, merasa kasus kematian Rodrigo Ventocilla harus diusut tuntas. "Yang bersangkutan merupakan tahanan Polda Bali, sehingga saya mendesak Polda Bali terbuka, jangan ada yang ditutup-tutupi. Jika ada yang harus dimintai pertanggungjawaban, maka wajib dilakukan secara profesional dan transparan" pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2565 seconds (0.1#10.140)