Lulus Pendidikan Komando, 149 Prajurit TNI Sandang Baret Merah Kopassus

Senin, 22 Agustus 2022 - 14:53 WIB
loading...
Lulus Pendidikan Komando, 149 Prajurit TNI Sandang Baret Merah Kopassus
Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan menutup Pendidikan Komando Angkatan 106 Tahun Anggaran 2022 di Pantai Permisan, Cilacap. Foto/Pen Kopassus
A A A
JAKARTA - Sebanyak 149 prajurit TNI resmi menyandang Baret Merah Kopassus . Mereka dinyatakan lulus karena berhasil melewati sejumlah tahapan pendidikan Komando yang berlangsung selama tujuh bulan.

"Berbanggalah kalian mantan siswa yang telah berhasil melalui seluruh tahapan dengan baik dan memuaskan. Namun ingat, penutupan Pendidikan Komando ini bukanlah akhir perjuangan, tetapi justru menjadi awal langkah kalian untuk berkarya dan mengabdi kepada TNI, Bangsa dan Negara sebagai prajurit Pasukan Khusus," tutur Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan saat menutup Pendidikan Komando Angkatan 106 Tahun Anggaran 2022 di Pantai Permisan, Cilacap, Senin (22/8/2022).

Upacara penutupan Pendidikan Komando Angkatan 106 TA. 2022 dilaksanakan sebagai pamungkas rangkaian pendidikan bagi prajurit komando selama tujuh bulan yang merupakan Dikbangspes di TNI AD guna mendapatkan kualifikasi Brevet Komando untuk bekal menjadi Prajurit Pasukan Khusus.



Diketahui, Pendidikan Komando yang merupakan pendidikan spesialis paling berat ini membuat beberapa peserta didik tidak mampu melanjutkan pendidikan sehingga harus dikeluarkan karena tidak mampu mengikuti standar yang telah ditentukan.

Pendidikan Komando ini didesain berbeda dengan pendidikan yang lain dari berbagai segi maupun dengan tanpa memperhitungkan waktu Jam pelajaran ideal di mana satu hari adalah 24 jam dari pagi, malam dan sampai pagi lagi merupakan jam pelajaran yang dirangkai dalam suatu skenario latihan operasi khusus.



Pendidikan Komando yang telah dilaksanakan terbagi dalam tiga tahap yaitu, tahap basis, gunung dan hutan serta tahap rawa laut merupakan media latihan dengan materi teknik dan taktik pasukan khusus, yang tidak mudah untuk dilalui.

Lulus Pendidikan Komando, 149 Prajurit TNI Sandang Baret Merah Kopassus


Di Tahap Basis, prajurit telah dibekali ilmu-ilmu dasar prajurit Komando baik secara perorangan, kelompok maupun hubungan Tim sehingga mampu membentuk karakter prajurit Komando sejati. Akhir Tahap Basis ditandai dengan materi Uji Keterampilan Komando (UKK) siswa harus menyelesaikan selama 12 hari yang membutuhkan tekad yang tinggi serta karakter prajurit individu, di mana siswa dalam keadaan stres dan lelah tetap mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)