Bukan Singapura, MAKI Sebut Surya Darmadi Datang dari China

Senin, 15 Agustus 2022 - 11:23 WIB
loading...
Bukan Singapura, MAKI Sebut Surya Darmadi Datang dari China
Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyebut Surya Darmadi berada di China, bukan Singapura. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia ( MAKI ) menyebut bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi sudah tidak berada di Singapura. Bila benar akan datang menghadiri pemeriksaan hari ini, Surya Darmadi berangkat dari China.

Koordinator MAKI Boyamin menduga kuat buron tersangka korupsi yang merugikan negara Rp78 triliun tersebut berada di Negeri Tirai Bambu.

"Diduga surya darmadi itu berangkatnya dari China. Jadi memang betul sudah tidak di Singapura. Kalau dia mau menuju Indonesia, diduga dia dari China," kata Boyamin, Senin (15/8/2022).



Karena itu, KPK maupun Kejagung mestinya berkoordinasi dengan Pemerintah China bukan dengan Pemerintah Singapura.

"Maka harus segera kerja sama dengan China dan itu sudah pernah berhasil ketika Samadikun Hartono zaman pak Sutiyoso jadi BIN itu dia dulu kasus bank BLBI bank modern itu nyatanya berhasil dipulangkan," jelasnya.

Surya Darmadi dikabarkan akan datang ke Kejaksaan Agung pukul 10.00 WIB, Senin (15/8/2022). Namun hingga pukul 10.30 WIB belum ada tanda-tanda di Polda Metro Jaya.

Surya merupakan tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dan pencucian uang atas penguasaan lahan di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Dia sudah tiga kali mangkir dari pemeriksaan Kejagung. Namun pekan lalu dia disebut akan datang ke Indonesia pada Minggu (14/8/2022). Tujuannya untuk memenuhi panggilan pemeriksaan pada hari ini, Senin (15/8/2022).



Kabar kepulangan Surya kali pertama dilontarkan oleh kuasa hukumnya, Juniver Girsang. Juniver menyebut Surya akan langsung mendatangi tim penyidik untuk menjelaskan seluruh dugaan tindak pidana yang dituduhkan kepadanya. Juniver juga menjelaskan alasan klienya tak menghadiri panggilan penyidik untuk dimintai keterangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)