Penerapan Dasa Darma Pramuka dalam Kehidupan Sehari-hari, Yuk Praktikkan

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 21:36 WIB
loading...
Penerapan Dasa Darma Pramuka dalam Kehidupan Sehari-hari, Yuk Praktikkan
Anggota Pramuka mengikuti upacara di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Rabu (28/10/2020). Anggota Pramuka perlu menerapkan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dasa Darma Pramuka tentu tak asing lagi bagi kita yang pernah ikut ekstrakurikuler pramuka maupun bagi yang masih aktif di Gerakan Pramuka. Dasa Darma Pramuka memuat nilai-nilai kepramukaan yang juga baik diterapkan sehari-hari.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata 'Dasa' berarti sepuluh. Kemudian, 'Darma' berarti kewajiban; tugas hidup; kebajikan. Sementara, 'Pramuka' adalah akronim Praja Muda Karana; organisasi untuk pemuda yang mendidik para anggotanya dalam berbagai keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling menolong, dan sebagainya.

Dalam UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, perihal Dasa Darma Pramuka ini ada dalam pasal 6 ayat (2) yang berbunyi: Kode kehormatan pramuka terdiri atas Satya Pramuka dan Darma Pramuka. Selanjutnya, di ayat (5) tertulis: Darma Pramuka sebagaimana dimaksud pada ayat (2) berbunyi: Pramuka itu:

a. takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
b. cinta alam dan kasih sayang sesama manusia;
c. patriot yang sopan dan kesatria;
d. patuh dan suka bermusyawarah;
e. rela menolong dan tabah;
f. rajin, terampil, dan gembira;
g. hemat, cermat, dan bersahaja;
h. disiplin, berani, dan setia;
i. bertanggung jawab dan dapat dipercaya; dan
j. suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.



Dasa Darma Pramuka tersebut tentu bukan hanya untuk dihafal. Dasa Darma Pramuka harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari para anggota pramuka.

Berikut ini contoh penerapan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari:

1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Penerapan poin ini antara lain harus selalu beribadah, mengingat, dan menjalankan perintah Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian, menjauhi larangan Tuhan Yang Maha Esa.

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)