Sama-sama Merah Putih, Berikut Perbedaan Bendera Indonesia dan Monako

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 06:51 WIB
loading...
A A A
Bendera Indonesia memiliki arti dan sejarah. Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, warna merah dalam bendera Indonesia berarti berani dan putih berarti suci.

Warna merah dan putih itu menjadi jati diri bangsa Indonesia hingga saat ini. Kelahiran bendera Indonesia dilatarbelakangi oleh izin kemerdekaan dari Jepang pada 7 September 1944.

Saat itu, Jepang berjanji untuk memberikan kemerdekaan kepada para pejuang untuk memproklamasikan kemerdekaan. Bendera Sang Saka Merah Putih dijahit oleh Fatmawati dan dikibarkan pada Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56 (kini Jalan Proklamasi), Jakarta oleh Latief Hendraningrat dan Suhud.



2. Bendera Monako
Dilansir dari situs World Atlas, bendera merah putih Monako memiliki desain persegi panjang horizontal dengan rasio lebar-panjang 4:5. Disebutkan juga bahwa bendera Monako terdiri dari dua garis horizontal dengan ukuran yang sama.

Garis atas berwarna merah, sedangkan garis bawah berwarna putih. Merah dan putih merupakan warna tradisional Rumah Grimaldi, yang mendirikan Kerajaan pada 1339.

Warna-warna tersebut diklaim mewakili nilai-nilai kemanusiaan yang positif, karena merah diyakini mewakili daging tubuh manusia, sedangkan putih mewakili kemurnian dalam kehidupan spiritual. Desain bendera Kerajaan Monako saat ini diadopsi pada masa pemerintahan Pangeran Charles III, 4 April 1881.

Selanjutnya, disebutkan juga bahwa asal usul desain bendera Monako dapat ditelusuri kembali ke awal abad ke-14, menjadikannya salah satu bendera tertua di dunia. Adapun bendera asli Monako punya desain yang mirip dengan bendera saat ini, tetapi juga menampilkan lambang negara.
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2167 seconds (0.1#10.140)