900 WNI Rayakan HUT Ke-79 RI dengan Upacara dan Penayangan Teks Berjalan di Menara Baiyoke Sky Hotel Bangkok

Minggu, 18 Agustus 2024 - 07:26 WIB
loading...
900 WNI Rayakan HUT...
Upacara HUT ke-79 RI di lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok pada 17 Agustus 2024 diikuti sekitar 900 peserta. Foto: Ist
A A A
BANGKOK - Upacara HUT ke-79 RI di lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok pada 17 Agustus 2024 diikuti sekitar 900 peserta. Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP Rachmat Budiman bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Atase Pertahanan KBRI Bangkok Kolonel Inf Yesi Kristian Mambu bertugas sebagai Komandan Upacara.

Pelajar Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dan sebagai Tim Paduan Suara.

Upacara diikuti oleh seluruh pejabat dan staf KBRI Bangkok, pegawai setempat, guru dan pelajar SIB, anggota TNI/Polri, mahasiswa, serta masyarakat Indonesia di Thailand yang tergabung dalam berbagai simpul organisasi seperti Indonesia Diaspora Network Thailand (IDN), Indonesia-Thai Chamber of Commerce (INTCC), Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand (PERMITHA), dan organisasi lainnya.

Di antara para peserta upacara juga terdapat WNI yang sedang berwisata ke Thailand. Selain WNI, turut hadir pula satu pleton pasukan dan marching band dari Royal Thai Armed Forces.

900 WNI Rayakan HUT Ke-79 RI dengan Upacara dan Penayangan Teks Berjalan di Menara Baiyoke Sky Hotel Bangkok

Para peserta mengikuti upacara dengan khidmat dan tertib di bawah terik matahari. Upacara berlangsung lancar dan suasana semakin terasa khidmat pada waktu Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibra yang diiringi dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh Tim Paduan Suara SIB dan musik oleh Royal Thai Armed Forces.

Selain lagu Indonesia Raya, Tim Paduan Suara SIB juga membawakan beberapa lagu nasional untuk memupuk rasa cinta Tanah Air seperti “Maju Tak Gentar”, “Hari Merdeka” dan “Tanah Airku”.

“Saya berharap dengan mengikuti Upacara Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia ini para WNI di Thailand dapat semakin tumbuh rasa cinta Tanah Air, jiwa nasionalisme dan patriotisme, serta memupuk keharmonisan dari keberagaman dalam berbangsa dan bernegara di lingkungan masyarakat Indonesia yang berada di Thailand,” ujar Duta Besar Rachmat Budiman.

Salah satu peserta upacara yang juga merupakan influencer Tanah Air, Jerome Polin, mengungkapkan rasa bangganya mengikuti upacara di KBRI Bangkok. “Upacaranya sangat bagus sekali di lapangan terbuka dan sangat luas serta didukung oleh tim paskibra, marching band dan paduan suara. Mantap sekali,” kata Jerome Polin.

Selain upacara, hal lain yang membuat peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tahun ini lebih terasa spesial di Bangkok adalah ditampilkannya teks berjalan ‘Indonesia Maju’ pada Menara Baiyoke Sky Hotel, salah satu landmark gedung tertinggi di Bangkok, pada 17 Agustus 2024 mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan 24.00 malam.

Selain itu, pesan HUT ke-79 Kemerdekaan RI juga ditampilkan di dalam Gedung Phenix, pusat perbelanjaan makanan dan minuman yang terletak bersebelahan dengan Gedung KBRI Bangkok guna menarik perhatian khusus dari warga Thailand di Bangkok.

Kegiatan upacara merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang telah berlangsung sejak tanggal 4 Mei 2024. Sebelumnya, KBRI Bangkok telah mengadakan berbagai perlombaan dan kompetisi olahraga seperti sepak bola, tenis, tenis meja, bulu tangkis, bowling, memancing, catur, gaple, serta sejumlah perlombaan anak yang diikuti dengan antusias oleh masyarakat Indonesia di Thailand.

Sebagai puncak kegiatan, KBRI Bangkok akan menggelar pesta rakyat berupa bazar dan panggung gembira pada 24 Agustus 2024 di lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok. Dalam kegiatan tersebut, selain masyarakat dapat membeli berbagai makanan dan minuman khas Indonesia, mereka juga dapat menikmati penampilan tari dan grup musik dari berbagai lapisan masyarakat di Bangkok dan artis kota Jakarta.

Rangkaian kegiatan akan ditutup dengan resepsi diplomatik bagi kalangan diplomatic corps dan pejabat dari instansi Pemerintah Kerajaan Thailand pada 25 September 2024.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)