Gagal Sandang Brevet Komando, Mantan Komandan Luhut Ini Dapat Kehormatan Gotong Peti Jenazah Jenderal Ahmad Yani

Minggu, 07 Agustus 2022 - 06:04 WIB
loading...
A A A
Di sela-sela tugas sambil menunggu dibukanya pendidikan komando, mantan Pangkostrad ini memeriksakan ke dokter mencari tahu penyebab sakit di kakinya yang menyebabkannya gagal mengikuti pendidikan komando. Hasil diagnosa dokter menyebutkan ia terkena malaria, yang salah satunya menyebabkan sakit di persendian kaki dan daya tahan tubuhnya menurun.

Flashback kejadian sebelumnya ketika merasakan sakit saat mengikuti program Infanteri Diperberat dan saat Operasi Tumpas, Soegito yakin sepertinya ia tersengat nyamuk yang membawa parasit plasmodium itu saat berdinas di Rindam, Padang. Virusnya mendekam sekian tahun di dalam tubuhnya. Terutama di sendi-sendinya.

Akhirnya kesempatan kedua untuk mengikuti pendidikan komando tiba juga. Karena sudah pernah menjalaninya, Soegito malah menikmati setiap tahap yang dilaluinya. Bahkan pada tahap long march, petanya disimpan di ransel sewaktu memasuki wilayah Kabupaten Cilacap dan langkahnya diikuti oleh peserta yang lain, yang semuanya adalah yuniornya.

Salah satu kenangannya saat pendidikan komando pada tahap pendaratan di Cilacap adalah disuruh jungkir oleh bintara pelatih dari sebuah ketinggian. Alasan pelatih sederhana sekali, hanya karena Soegito orang Cilacap. Alasan yang jelas-jelas tidak ada korelasinya. Beberapa tahun kemudian, pelatih asal Aceh yang dikenal galak itu menjadi anggotanya saat diterjunkan di Dili, Desember 1975.

Seminggu setelah penutupan latihan, Komandan RPRAD Kolonel Inf Sarwo Edhie Wibowo menarik seluruh peserta latihan ke Cijantung untuk mengikuti parade dan defile di Senayan. Soegito lupa, upacara apa yang dihadirinya saat itu. "Saya salut dengan keuletan Pak Gito. Walaupun gagal latihan awalnya, namun mengulangi lagi sampai selesai. Itu sebuah keuletan yang kami hargai. Beliau tidak pantang menyerah. Mengulangi dari awal itu kan tidak main-main, diperlukan ketabahan yang tinggi," beber Soetedjo soal keteguhan hati rekannya itu.

Usai menjalani pendidikan dasar komando, Soegito ditempatkan sebagai Komandan Kompi di Batalion 2 RPKAD di Magelang. Saat itu RPKAD baru memiliki dua batalion, dengan Batalion 1 di Cijantung. Setelah itu Soegito ditarik ke Cijantung dan diserahi jabatan Danki A Batalion 1 dengan komandan Mayor Soekoso.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)