Indra Prastomiyono Ungkap Hal-hal yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

Kamis, 04 Agustus 2022 - 17:05 WIB
loading...
Indra Prastomiyono Ungkap Hal-hal yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin
Group Governance and Organization Development Director MNC Media, Indra Prastomiyono dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Rabu (3/8/2022). Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa hal yang harus dimiliki dalam individu setiap pemimpin. Salah satunya memahami sistem POAC, yakni Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling.

Hal ini dikatakan oleh Group Governance and Organization Development Director MNC Media, Indra Prastomiyono. Menurutnya, seorang pemimpin harus mempunyai pengetahuan lingkungan eksternal dan internal.

"Kalau mengatakan knowledge dari eksternal itu politik, ekonomi, sosial, teknologi, dan tren. Harus mengikuti terus trennya ke mana, behavior masyarakat ke mana gitu ya, dari situ akan ketemu opportunity dan trust," ujar Indra dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, dengan tema Membangun Leadership Management dalam Perusahaan, Rabu (3/8/2022).

Baca juga: Podcast Aksi Nyata Partai Perindo: Pemilu 2024 Kontestasi Popularitas

Perempuan yang menempuh S1 di IPB itu menjelaskan, untuk pengetahuan lingkungan internal atau internal enviroment knowledge, dia menyatakan pemimpin harus memahami kekuatan dan kelemahannya dibanding kompetitor.

"Kita kawinkan itu yang disebut TOWS matrix. Jadi kalau kita punya strength ditempat yang trade-nya tinggi bagaimana strateginya, kalau kita punya weakness di tempat yang oportunity-nya tinggi bagaimana sebaiknya, itu yang disebut TOWS matrix startegy," kata dia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pemimpin yang baik adalah yang memahami industrinya. Dengan memahami bidang industrinya, maka tidak ada istilah pemimpin yang baik atau jelek.

"Pemimpin yang tepat untuk industri yang mana profil yang mana, itu yang saya percaya," ucapnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0089 seconds (0.1#10.140)