Siapakah Pengibar Bendera Merah Putih Pertama saat Proklamasi Kemerdekaan? Ini Jawabannya

Selasa, 02 Agustus 2022 - 11:49 WIB
loading...
A A A
Akhirnya dengan bantuan dari Suhud Sastrokusumo, Latief mengibarkan bendera pada tiang bambu sederhana disertai lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dikumandangkan.

Latief juga sempat keluar dari PETA untuk bergabung dengan TNI. Pada 1952 Latief ditunjuk sebagai atase militer atau Athan Republik Indonesia untuk Filipina. Tetapi, akhirnya ia dipindahtugaskan ke Washington DC sampai 1956.

Saat kembalinya Latief ke Indonesia dia terpilih sebagai pemimpin Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat yang sekarang dikenal sebagai Seskoad. Di dunia pendidikan tinggi, beliau juga pernah menjadi rektor IKIP Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta), tepatnya pada 1965.

2. Suhud Sastro Kusumo

Suhud merupakan sosok yang membantu Latief dalam proses pengibaran Bendera Merah Putih. Sebelum menjalankan tugasnya itu dia sempat berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia sebagai anggota Barisan Pelopor.

Anggota tersebut bertugas sebagai penjaga keluarga Ir. Soekarno. Meskipun sempat kecolongan pada 16 Agustus 1945 ketika Soekarno diculik oleh golongan pemuda yang menjadi awal peristiwa Rengasdengklok.

Baca juga : Yuk! Ikuti Ide Kreatif Merayakan Kemerdekaan

3. Surasti Karma Trimurti

S.K Trimurti sebenarnya merupakan sosok yang diminta untuk mengibarkan Bendera Merah Putih sebelumnya. Namun perempuan ini menolak karena menurutnya pengibaran ini diserahkan kepada prajurit.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)