Yuk! Ikuti Ide Kreatif Merayakan Kemerdekaan

loading...
Yuk! Ikuti Ide Kreatif Merayakan Kemerdekaan
Unggah karyamu dengan mengikuti mekanisme kirim video di bawah ini! Untuk panduan lomba, coba cek di (https://bit.ly/2CbpzLA).
A+ A-
JAKARTA - Semangat nasionalisme dan mencintai Tanah Air dapat diekspresikan dengan berbagai cara, salah satunya dengan membuat video. Nasionalisme tentu saja bukan sekadar urusan mengibarkan bendera merah putih atau menyanyikan lagu Indonesia Raya di puncak bukit. Melainkan juga menjunjung kejujuran, toleransi dan kebersamaan, serta rela mendahulukan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi.

Bangga memakai dan membeli produk-produk karya anak bangsa sendiri, sungguh-sungguh bekerja di bidang kita masing-masing sehingga menghasilkan karya terbaik, menjaga kelestarian lingkungan adalah juga wujud nasionalisme. Pandemi Covid-19 tak boleh menghalangi kita menyemarakkan perayaan ke-75 HUT RI.

Bila kamu memiliki kegemaran membuat video atau vlog inilah saat yang tepat membuktikan kemampuan kamu untuk mengikuti Lomba Rayakan Kemerdekaan (https://bit.ly/2CbpzLA) bertema ‘Raya 75 #BangkituntukIndonesiaMaju? yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk merayakan kemerdekaan.

Tunjukkan ide kreatif kamu menghias lingkungan dengan cara yang cerdas dan berwawasan. Beberapa tema menarik yang bisa kamu coba antara lain:

Pertama, tema merah putih, disesuaikan dengan hari kemerdekaan dan bahan-bahan yang digunakan berbagai macam seperti bambu yang di cat warna merah dan putih.

Kedua, desain mural agar lingkungan kamu terlihat menarik bisa pilih tema mural dengan tema-tema yang saat ini tren misalnya bentuk perlawanan melawan virus Covid-19 tentunya akan menambah semangat di lingkungan sekitar rumah kamu serta tembok-tembok di lingkungan rumah terlihat instagramable.

Ketiga, tema budaya bisa menjadi alternatif untuk ide menghias di lingkungan sebagai contoh kamu dapat mengambil ciri khas di daerah kamu seperti Golok Betawi yang dipasang dengan ukuran lebih besar atau tokoh pewayangan sebagai wujud perjuangan serta cinta Tanah Air.

Keempat, di tengah pandemi ini kamu dapat memberikan edukasi kepada masyarakat di sekitar untuk tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan, caranya kamu dapat mempersiapkan atribut-atribut yang berkaitan dengan tema Covid-19 tujuannya masyarakat dapat sadar akan pentingnya menjaga jarak, memakai masker dan menekan laju grafik Covid-19.

Terakhir, kamu dapat membuat gapura maupun hiasan dari barang limbah hasil konsumsi seperti botol plastik, sikat gigi, kaleng-kaleng bekas dll. Kamu juga dapat menggunakan limbah hasil pertanian atau hutan seperti jerami, gedebog (pelepah) pohon pisang, sabut kelapa, ijuk, dan bunga pinus. Bahan baku tersebut disusun dengan apik dan memiliki karya seni yang membentuk lambang negara.

Ekspresikan semangat kemerdekaan dengan cara merekam kegiatanmu saat mempercantik lingkungan sekitar! Rekam juga momen ketika kamu menunjukkan sikap sempurna saat lagu Indonesia Raya berkumandang pada tanggal 17 Agustus 2020 tepat pukul 10.17

Unggah karyamu dengan mengikuti mekanisme kirim video di bawah ini! Untuk panduan lomba, coba cek di (https://bit.ly/2CbpzLA).

Buatlah konsep lalu siapkan bahan-bahan, jangan lupa libatkan anggota keluarga sehingga semakin semarak. Daftarkan diri kamu di (https://bit.ly/2CbpzLA). Kamu dapat mendaftarkan diri melalui website mulai tanggal 1 s.d 24 Agustus.

Kamu bisa melakukan syuting video adegan berdiri tegap sikap sempurna saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan serentak pada 17 Agustus, lalu unggah video kamu di media sosial (Youtube, Facebook, Instagram) dengan hashtag #BangkitUntukIndonesiaMaju, sejak tanggal 17 s.d 24 Agustus.

Penjurian dan penilaian video akan dilakukan 25 Agustus s.d 3 September. Juara favorit diumumkan tanggal 4 s.d 6 September. Sedangkan pemenang akan diumumkan 7 September.Nah, buktikan cintamu kepada negeri melalui video sekreatif mungkin!
(alf)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top