Teknologi lebih efektif jangkau pemilih muda

Kamis, 13 Maret 2014 - 08:18 WIB
Teknologi lebih efektif jangkau pemilih muda
Teknologi lebih efektif jangkau pemilih muda
A A A
Sindonews.com - Pemilih muda atau pemilih pemula merupakan pemilih yang sangat high-tech atau paham mengenai teknologi. Sehingga, untuk menjangkau mereka, teknologi akan jauh lebih efektif.

"Karena jumlah pemilih pemula yang cukup besar pada pemilu, juga merupakan pengguna teknologi internet tersebut. Karena pendekatan dengan iklan lewat tv, dan banner sudah tidak efektif lagi menyentuh pemilih," kata Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Google Indonesia, Shinto Nugroho usai Kegiatan Capacity Building Google Day di Ballroom Hotel Mulia, Jakarta, Rabu 12 Maret 2014.

Oleh karena itu, dia menjelaskan, capacity building yang diadakan Google bekerja sama dengan Perludem kali ini, adalah untuk memperkenalkan kepada para politikus dan caleg, untuk menggunakan sarana tekhnologi untuk mendekatkan diri kepada pemilih, terutama menyasar pemilih pemula.

"Jadi para caleg atau politikus ini harus menggabungkan antara tradisional dengan teknologi," ujar Shinto.

Shinto juga menjelaskan, saat ini teknologi internet dapat menjadi pendekatan yang lebih efektif, efisien, dan murah. Sehingga, jika teknologi tersebut dimanfaatkan untuk pendekatan pemilu, dapat dipastikan hal itu dapat mengefisiensi pekerjaan dan juga meminimalisir biaya.

"Karena pemuda lebih cepat tahu dari internet seperti misalnya Twitter," jelasnya.

Namun demikian, Shinto menyayangkan masih lemahnya infrastruktur penunjang internet tersebut. Sehingga, potensi berkembangnya teknologi internet di Indonesia menjadi terhambat. Karena masih lemahnya sarana penunjang internet seperti, sering terganggunya jaringan internet di Indonesia dan lemahnya jaringan internet.

"Potensinya sebenernya gede banget, tapi karena infrastruktur jadinya lola (loading lama), akibat lemahnya koneksi internet," tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4845 seconds (0.1#10.140)