Program Deradikalisasi, BNPT Siapkan Eks Napi Terorisme Jadi Petani Kopi

Rabu, 27 Juli 2022 - 18:52 WIB
loading...
Program Deradikalisasi, BNPT Siapkan Eks Napi Terorisme Jadi Petani Kopi
BNPT terus mengembangkan program deradikalisasi berbasis kesejahteraan bagi para eks narapidana terorisme. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT ) terus mengembangkan program deradikalisasi berbasis kesejahteraan bagi para eks narapidana terorisme. Salah satunya dengan meresmikan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) dan Warung NKRI, di Temanggung, Jawa Tengah.

KTN di Temanggung lokasinya di kaki Gunung Sindoro, tepatnya di Sidempul seluas 10 hektare. Selain KTN, BNPT juga meresmikan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI) di Embung Bansari, Desa Bansari, Temanggung.

Dengan peresmian KTN di Temanggung, maka jumlah KTN bertambah menjadi 4 kawasan setelah sebelumnya dibangun KTN di Turen Jawa Timur, KTN Sumbawa NTB, dan KTN Garut Jawa Barat.



Dalam pembagunan KTN Temanggung, BNPT bekerja sama dengan Pemkab Temanggung, Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah, Kementerian Pertanian (Kementan), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan Koperasi Rejo Mulyo.

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengharapkan mitra deradikalisasi menjadi petani kopi yang hebat dan tangguh. Mitra deradikalisasi ini bersama masyarakat sekitar melakukan budidaya tanaman kopi.



Dengan cara demikian mitra deradikalisasi akan berkembang secara ekonomi bersama dengan masyarakat sekitar. “Kopi itu komoditas yang terkenal, kami yakin di bawah bimbingan Kementan akan menghasilkan petani kopi yang terampil," kata Kepala BNPT.

Jenderal bintang tiga ini juga menyampaikan, sebagai pusat reintegrasi sosial, nantinya mitra deradikalisasi akan bergabung dengan koperasi untuk bersama sama masyarakat meningkatkan produksi serta mempromosikan kopi Temanggung.

"Kami titipkan kepada koperasi seluruh teman-teman mitra deradikalisasi. Pasti ini akan terus berkembang menjadi unit usaha yang menguntungkan, apalagi ini kopi Temanggung yang memang sudah hebat dan top di Indonesia," kata Boy Rafli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)