Eks Napiter dan Penyintas Apresiasi Program BNPT Berbasis Pemberdayaan

Minggu, 17 Juli 2022 - 06:09 WIB
loading...
Eks Napiter dan Penyintas Apresiasi Program BNPT Berbasis Pemberdayaan
Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Program deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT ) kian menunjukkan hasil positif. Terutama terkait program pemberdayaan dan peningkatan kapasitas para mantan narapidana kasus terorisme (napiter) dan penyintas.

Mereka mengakui, program deradikalisasi BNPT sangat berdampak pada peningkatan ekonomi keluarga mereka. Hal ini dikatakan oleh Endang alias Abu Rafli alias Pak Jenggot napiter yang kembali bersetia kepada NKRI memuji program deradikalisasi BNPT. Baca juga: Tangkal Radikalisme, BNPT-Kemensos Resmikan Warung NKRI

Dia merasakan, pendekatan BNPT berbasis pemberdayaan membantu meningkatkan ekonomi keluarga. Baginya pemberdayaan BNPT menjadikannya terampil dalam berbisnis.

"Setelah keluar dari lapas, saya belum ada penghasilan. Program-program BNPT sangat positif bagi kami (napiter) sehingga terampil dalam hal ekonomi," ujarnya pada acara HUT BNPT ke-12 di Sentul, Sabtu (16/7/2022).

Selain dampak pada aspek ekonomi keluarga, Endang menjelaskan, perbedaan sebelum mengikuti program deradikalisasi. Perbedaan mencolok adalah dia merasakan terdapat jarak antara dirinya dengan masyarakat.

Sebaliknya, setelah mengikuti program tersebut, dia bisa bersosialisasi dan mengerti segala macam perbedaan.

"Selain itu (aspek ekonomi), saya merasa pada waktu itu saya dengan masyarakat jauh, sekarang kita bisa bersosialisasi, mengerti perbedaan-perbedaan," terangnya.



Tak lupa dia mengajak kepada orang-orang atau kelompok yang belum kembali ke pangkuan ibu pertiwi supaya lekas sadar.

"Pesan saya secara pribadi, semoga bagi orang-orang yang masih belum NKRI dan (terpapar) radikal bisa kembali ke pangkuan NKRI dan mengerti apa itu perbedaan," imbaunya yang merupakan napiter Lapas Cipinang.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1474 seconds (10.101#12.26)