Besok, Komnas HAM Periksa Bharada E dan Beberapa Ajudan Irjen Ferdy Sambo

Senin, 25 Juli 2022 - 22:16 WIB
loading...
Besok, Komnas HAM Periksa Bharada E dan Beberapa Ajudan Irjen Ferdy Sambo
Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam memberikan keterangan pers usai menerima keterangan dari tim forensik Polri di Komnas HAM, Jakarta, Senin (25/7/2022). FOTO/MPI/ALDHI CANDRA
A A A
JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia ( Komnas HAM ) akan memeriksa Bharada E yang diduga melakukan penembakan terhadap Brigadir J hingga meninggal dunia pada Selasa (26/7/2022) besok. Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan, yang akan diperiksa bukan hanya Bharada E, tapi seluruh aide de camp (ADC) atau ajudan dari Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo .

"Besok agendanya adalah memanggil untuk meminta keterangan dari ADC dari Irjen Sambo, (termasuk Bharada E)" kata Anam kepada wartawan, Senin (25/7/2022).

Berdasarkan jadwal, Bharada E dan ajudan Ferdy Sambo akan diperiksa pada pukul 10.00 WIB. Namun, Anam belum dapat memerinci terkait keterangan apa yang akan digali dari Bharada E. Anam meminta agar pihak yang akan diperiksa besok untuk hadir agar kasus polisi tembak polisi ini menemukan titik terang.



"Kami berharap semuanya bisa datang ke Komnas HAM memenuhi permintaan," kata Anam.

Selain itu, pihak Komnas HAM juga akan mendalami terkait senjata yang digunakan untuk menembak Brigadir J, yaitu Glock-17 yang dipakai Bharada E dan HS-9 oleh Brigadir J saat baku tembak di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

"(Terkait) Senjata, karakter senjata, bubuk, dan sebagainya, kami akan panggil Labfor. Kapan terjadi? Dalam minggu ini, kami akan sibuk di Komnas HAM," ujar Anam.

Untuk diketahui, Komnas HAM telah melakukan sejumlah pemeriksaan untuk mengungkap kasus ini, yakni dengan memeriksa keluarga Brigadir J yang berada di Jambi. Lalu meminta keterangan terhadap tim forensik atau tim Dokkes Mabes Polri, dan ke depan, Komnas HAM akan mendalami soal digital forensik dan cyber terkait kasus tewasnya Brigadir J.

Baca juga: Polri Pastikan Status Bharada E Belum Jadi Tersangka Penembakan Brigadir J
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3280 seconds (0.1#10.140)