Survei PWS Soal Kinerja Menteri: Hanya Prabowo Subianto yang Stabil dan Bertengger di Posisi Teratas

Rabu, 06 Juli 2022 - 20:41 WIB
loading...
A A A
Menparekraf Sandiaga, misalnya, pada survei Januari rating kinerjanya mencapai 14,5% kini turun menjadi 11,8%. Menkeu Sri Mulyani dari 13,5% menjadi 9,7%, lalu Nadiem Makarim dari 11,1% menjadi 8,5%. "Hanya Menhan Prabowo Subianto yang tetap stabil dan terus bertengger di posisi teratas," ucapnya.

"Sedikit menurunnya rapor kinerja menteri di mata publik berhubungan dengan berkurangnya tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf," sambungnya.

Berdasarkan survei PWS Januari 2022, kata Tidzi, sebanyak 65,8% publik menyatakan puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Namun pada survei PWS Juni 2022 tingkat kepuasaan publik sedikit menurun menjadi 62,8%.

"Semakin menurunnya proporsi publik yang menyatakan kondisi ekonomi rumah tangganya menjadi lebih baik. Ketika PWS menanyakan apakah kondisi ekonomi rumah tangga responden semakin baik, semakin buruk, atau sama saja, hanya 26,4% yang mengaku lebih baik," katanya.



Padahal pada survei PWS Januari 2022 masih terdapat 39,7% yang menyatakan ekonomi rumah tangganya semakin baik. Sebaliknya, kata Tidzi, yang menyatakan ekonomi rumah tangganya lebih buruk meningkat dari 18,8% (survei Januari) menjadi 29,8% (survei Juni).

"Berbagai masalah nasional yang muncul dalam beberapa bulan terakhir, seperti masalah minyak goreng, kenaikan harga BBM dan tariff listrik, melonjaknya harga-harga kebutuhan pokok, isu perpanjangan masa jabatan presiden dan sebagainya, nampaknya cukup menggerus tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintah (termasuk terhadap para menteri kabinet)," katanya.

Di samping kinerja para menteri serta tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, Tidzi mengungkap bahwa PWS juga melakukan survei tentang kelayakan para menteri dan pejabat setingkat menteri maju sebagai capres 2024.

"Ketika PWS menanyakan kepada responden, siapakah di antara para menteri dan pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Indonesia Maju yang paling layak maju sebagai capres pada Pemilu 2024, ternyata bagian terbesar publik (40,5%) menyebut nama Menhan Prabowo Subianto," ucapnya.

"Menteri atau pejabat lain yang juga dinilai publik layak nyapres pada Pemilu 2024 mendatang adalah Menparekraf Sandiaga Uno (15,4%), Kapala KSP Moeldoko (10,2%), Menteri BUMN Erick Thohir (8,7%), dan Mensos Tri Rismaharini (7,5%)," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)