Survei PWS Soal Kinerja Menteri: Hanya Prabowo Subianto yang Stabil dan Bertengger di Posisi Teratas

Rabu, 06 Juli 2022 - 20:41 WIB
loading...
Survei PWS Soal Kinerja Menteri: Hanya Prabowo Subianto yang Stabil dan Bertengger di Posisi Teratas
Lembaga survei Political Weather Stations (PWS) merilis hasil survei tentang persepsi publik terhadap kinerja pemerintah, khususnya kinerja menteri. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dinilai publik sebagai menteri dengan kinerja terbaik. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Political Weather Stations (PWS) merilis hasil survei terbaru tentang persepsi publik terhadap kinerja pemerintah, khususnya kinerja menteri Kabinet Indonesia Maju. Hasilnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dinilai publik sebagai menteri dengan kinerja terbaik.

"Ketika PWS menanyakan kepada responden, siapakah yang kinerjanya paling baik di antara menteri-menteri dan pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Jokowi-Ma’ruf, sebanyak 15,1% menyebut nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ," kata Peneliti Senior PWS Mohammad Tidzi AM, Rabu (6/7/2022).

Survei tentang kinerja menteri dan pejabat setingkat menteri ini merupakan kali kedua yang dilakukan PWS selama 2022. Survei pertama dilakukan pada Januari 2022, kemudian Juni 2022.

"Dalam survei pertama bulan Januari 2022, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga dipersepsikan oleh sekitar 15% publik sebagai menteri dengan kinerja terbaik," kata Tidzi saat menyampaikan hasil survei yang digelar secara virtual, Rabu (6/7/2022).



Tidzi mengungkap, hasil tersebut menegaskan bahwa, Prabowo Subianto, menteri yang dikenal sungguh-sungguh dalam kerja, dan berprestasi itu juga totalitas dalam menjalankan tugas kenegaraan sebagai Menhan.

"Ini menegaskan bahwa totalitas Prabowo dalam menjalankan tugas kenegaraan sebagai Menhan dalam Kabinet Jokowi-Ma’ruf ternyata diapresiasi positif oleh publik," katanya.

Selain Prabowo Subianto, kata Tidzi, mereka yang masuk 10 besar menteri dengan kinerja terbaik adalah Menparekraf Sandiaga Uno (11.8%), Menteri BUMN Erick Thohir (11,4%), Menteri Sosial Tri Rismaharini (11,3%), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (9,7%), Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim (8,5%), Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono (5,6%), Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (4,8%), Menko Polhukam Mahfud MD (3,5%), dan Panglima TNI Andika Perkasa (3,4%).

"Selain Menhan Prabowo Subianto, nama-nama menteri yang konsisten berada di posisi lima besar adalah Sandiaga Uno, Sri Mulyani dan Erick Thohir," katanya.

"Namun dibandingkan survei Januari 2022, dalam survei kali ini hampir semua menteri mengalami sedikit penurunan kinerjanya di mata publik," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)