Fokus Kerja dan Tak Genit Pencitraan, Jadikan Prabowo sebagai Menteri Terbaik Versi PWS

Rabu, 06 Juli 2022 - 15:28 WIB
loading...
Fokus Kerja dan Tak Genit Pencitraan, Jadikan Prabowo sebagai Menteri Terbaik Versi PWS
Lembaga survei Political Weather Station (PWS) menyebutkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dinilai publik sebagai menteri dengan kinerja terbaik. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Political Weather Station (PWS) menyebutkan Menteri Pertahanan Prabowo Subiant o dinilai publik sebagai menteri dengan kinerja terbaik. Hal ini diketahui dari survei nasional PWS pada 15 sampai 28 Juni 2022 di seluruh provinsi di Indonesia.

Di mana dari hasil survei tersebut, 15,1% responden menyebut nama Prabowo. Peneliti Senior PWS, Mohammad Tidzi mengatakan, penyebab dari persepsi publik terhadap kinerja Prabowo yang baik adalah kecenderungan Prabowo yang tidak genit di media.

"Kita tahu Pak Prabowo tidak begitu genit di media. Di media sosial jarang update yang lebay dan cari popularitas. Cenderung stabilnya Pak Prabowo ini karena kinerja," kata Tidzi dalam paparan survei PWS secara daring, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Survei Ungkap Prabowo Subianto Menteri Berkinerja Terbaik

Menurut Tidzi, hal ini sejalan dengan hasil media monitoring yang dilakukan PWS, di mana Prabowo merupakan salah satu bakal capres yang engagement-nya di media sosial relatif rendah, apalagi jika dibandingkan dengan Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil dan Erick Thohir.

Tidzi menjelaskan, persepsi publik terhadap kinerja Prabowo yang baik ini terlihat stabil dibandikang survei sebelumnya yang dilakukan oleh PWS. Dalam survei pertama bulan Januari 2022, Prabowo juga dipersepsikan oleh sekitar 15% publik sebagai menteri dengan kinerja terbaik.



Adapun, selain Prabowo, nama-nama menteri yang konsisten berada di posisi lima besar adalah Sandiaga Uno, Sri Mulyani dan Erick Thohir.

Namun, dibandingkan survei Januari 2022, dalam survei kali ini hampir semua menteri mengalami sedikit penurunan kinerjanya di mata publik. Sandiaga, misalnya, pada survei Januari rating kinerjanya mencapai 14,5% kini turun menjadi 11,8%. Sri Mulyani dari 13,5% menjadi 9,7%, lalu Nadiem Makarim dari 11,1% menjadi 8,5%.

Selain Prabowo, mereka yang masuk 10 besar menteri dengan kinerja terbaik adalah Menparekraf Sandiaga Uno (11.8%), Menteri BUMN Erick Thohir (11,4%), Menteri Sosial Tri Rismaharini (11,3%), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (9,7%), Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim (8,5%), Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimulyono (5,6%), Kepala KSP Moeldoko (4,8%), Menko Polhukam Mahfud MD (3,5%), dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (3,4%).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)