FKPPI Didorong Ikut Berperan dalam Sistem Ketahanan Nasional

Rabu, 29 Juni 2022 - 21:54 WIB
loading...
A A A
"Menggandeng FKPPI dalam pelaksanaan binter TNI, tentu bukan semata-mata untuk kepentingan pertahanan negara, tetapi juga ada kepentingan penguatan hubungan emosional antara TNI sebagai pembina dan FKPPI yang didasarkan pada kenyataan sejarah dan kesamaan komitmen. Seperti kita ketahui, sejak 1998, FKPPI tidak lagi memiliki hubungan struktural dengan TNI," paparnya.

Senada juga disampaikan Ketua Umum Dewan Pakar FKPPI Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri. Dalam materinya, Kiki menjelaskan peran FKPPI dalam binter sangat besar dengan beberapa alasan. Di antaranya karena FKPPI memiliki SDM yang berkualitas (tingkat pendidikan yang baik), banyak anggota FKPPI jadi pejabat di pusat dan daerah.

Selain itu, anggota FKPPI memiliki kesadaran bela negara yang baik dan tersebar di seluruh wilayah maupun di luar negeri, dengan jumlah yang besar dan pembinaan anggota relatif baik. Peran FKPPI dalam bintar bisa dilakukan dalam berbagai bentuk seperti sosialisasi atau internalisasi nilai-nilai Pancasila, pembinaan khusus terhadap milenial, bantuan sosial dan lainnya. Kegiatan tersebut bisa dilakukan baik secara mandiri maupun membantu kementerian atau lembaga terkait.

Sementara itu, Paban IV/Komsos Ster TNI Kolonel Inf Jacky Ariestanto menegaskan sebagai komponen bangsa, FKPPI bersama TNI dapat berperan menghadapi ancaman keamanan nasional melalui bina teritorial. "Kami memiliki istilah lambungrujak yakni menyelami, menghubungi, merayu dan mengajak, ini istilah terirorial," katanya.

Menurutnya, membangun ketahanan nasional tidak mungkin dilakukan oleh pemerintah sendiri, apalagi hanya TNI, tetapi harus melibatkan seluruh komponen bangsa dengan arah yang benar. "FKPPI adalah ormas yang kita yakini, kita percaya tanpa ada kecurigaan. Ini adalah sumber daya nasional yang jumlahnya pasti jutaan," katanya. Baca juga: Profil Bripda Carolina, Polwan yang Pernah Menjadi MC Upacara Bendera HUT RI ke 75 di Istana Negara

Dengan jumlah anggota jutaan dan terbentuk dari zaman dahulu dan menyebar hingga ke peloosok, maka keberadaan FKPPI dapat menjadi jaring terdekat dan terkuat TNI dalam kegiatan binter. "Ada idealisme non Pancasila yang sudah mulai berkembang pada generasi muda kita. Untuk menanganinya, kita butuh orang bermental ideologi yang sama dengan kita," tutup Jacky.
(kri)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3817 seconds (11.210#12.26)