Airlangga Dorong Generasi Muda Kreatif dan Cerdas Membaca Peluang

Senin, 20 Juni 2022 - 13:16 WIB
loading...
Airlangga Dorong Generasi Muda Kreatif dan Cerdas Membaca Peluang
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan sekaligus pembekalan terhadap 1.784 wisudawan Pascasarjana, Sarjana, dan Profesi Universitas Nasional, di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (19/6/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Generasi muda harus lebih kreatif dalam membaca peluang untuk berkompetisi di tingkat nasional maupun tingkat global. Hal ini dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Baca juga: Airlangga Dorong Pesantren Lahirkan Santripreneur

"Sesudah para wisudawan lulus ini ada beberapa pilihan apakah akan menjadi profesional, wirausahawan, pendidik, penulis atau apapun pilihan yang terbaik," kata Airlangga saat memberi sambutan sekaligus pembekalan kepada 1.784 wisudawan Pascasarjana, Sarjana, dan Profesi Universitas Nasional, Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (19/6/2022).



"Bagi wisudawan ini menjadi tantangan untuk lebih kreatif dan lebih cerdas untuk membaca peluang," tambahnya.

Selain itu Ketua Umum DPP Partai Golkar ini menyampaikan, agar para wisudawan terus terhubung dengan universitas. Karena menurutnya, dengan seluruh dinamika yang berubah maka diperlukan life long learning, sehingga akan membantu karier para alumninya.

Demikian pula universitasnya akan sangat terbantu dengan para alumni yang sudah berhasil di masyarakat untuk memberikan feedback ilmu kepada kampus. Jadi siklus seperti ini membuat universitas menjadi sangat kaya akan informasi dan perubahan-perubahan yang terjadi.

"Tentu ini adalah tantangan bagi kita semua dan tentu bagi kami di pemerintah ini adalah bagaimana para angkatan kerja bisa difasilitasi dan para lulusan bisa beradaptasi dengan kebutuhan pasar kerja dan tentu saya berharap akan tumbuh enterpreneur-enterpreneur baru," tegasnya.

"Pemerintah tentu tinggal menyediakan fasilitasnya saja dan pemerintah terus menyiapkan untuk para entrepreneur fasilitas pembiayaan termasuk Kredit Usaha Rakyat dan kemudian berbagai fasilitasi yang lain," jelas Airlangga.

Terkait dengan transformasi digital yang juga merupakan salah satu tema pada presidensi G20, menurutnya Indonesia sudah banyak melakukan hal yang lebih maju dari negara lain.

"Antara lain dari segi infrastruktur kita sudah siap dengan 5G, kita siap dengan Fiber optik antar pulau, kita punya satelit dan saat sekarang kita sedang bicara dengan Space X dengan Telkom untuk low earth orbit satellite yaitu suatu teknologi baru untuk menghubungkan pulau-pulau di Indonesia," imbuhnya.

Kemudian salah satu bukti Indonesia lebih cepat dari berbagai negara lain dalam program transformasi digital yaitu di sektor industri 4.0 industri kesehatan misalnya pada saat Covid-19, yang download untuk aplikasi telemedicine hanya 2 juta namun di tahun 2021 mencapai 21 juta.

"Di bidang digitalisasi juga pada saat Covid-19 pemerintah meluncurkan program yang disebut G to P atau Government to People yaitu dari pemerintah ke masyarakat salah satunya adalah program Kartu Prakerja yang beberapa hari lalu para alumninya diterima oleh Bapak Presiden," tutup Airlangga.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)