2 Faktor Penyebab Jokowi Lakukan Reshuffle Kabinet versi Politikus Perindo

Sabtu, 18 Juni 2022 - 17:18 WIB
loading...
2 Faktor Penyebab Jokowi Lakukan Reshuffle Kabinet versi Politikus Perindo
Ketua DPP Partai Perindo Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Tama S Langkun. Foto/MNC Portal
A A A
JAKARTA - Ketua DPP Partai Perindo Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Tama S Langkun menilaipertimbangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle kabinet bisa dilihat dari berbagaifaktor. Dua di antaranya kinerja kabinet dan konteks politik.

"Semuanya (faktor kinerja dan politik) ada di sana. Artinya suatu hal yang wajar," kata Tama dalamdiskusi Polemik MNC Trijaya FM: Dramaturgi Reshuffle Kabinet' secara daring, Sabtu (18/6/2022).

Terkait kinerja kabinet, Tama mengatakan banyak problem yang belakangan terjadi di lingkungankementerian, seperti kasus korupsi dan tidak sanggupnya mengendalikan harga bahan pokok, membuatPresiden harus segera melakukan reshuffle.

"Pertama itu diletakkan sebagai hak prerogatif presiden, kemudian dia bisa mengganti pembantu-pembantunya karena kalau pembantunya (kinerja) jelek pun juga pasti yang ketampar ya pimpinannya," tuturnya.



Selanjutnya, dalam konteks politik, Tama mengatakan pertimbangan tersebut sangat wajar dan perludilakukan Presiden dalam menata ulang formasi kabinet. Menurutnya, koalisi harus mengawal pemerintahanhingga selesai.

"Jangan sampai kemudian di tengah jalan ini sudah ada yang ke sana kemari yang kemudian nggak fokuskerjaan itu kemudian mengganggu stabilitas kerja dari pemerintah. Jadi meskipun itu urusan politik, tapisaya percaya ada base line kinerja yang diukur di sana," pungkasnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) resmi melakukan reshuffle kabinet pada Rabu (15/6/2022).Menteri yang terkena reshuffle adalah Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Dia digantikan Ketua Umum PANZulkifli Hasan. Kemudian Menteri Agraria dan Tata Ruang (ART) Sofyan Djalil digantikan mantan PanglimaTNI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto.



Untuk posisi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) diduduki Raja JuliAntoni (Sekretaris Dewan Pembina PSI) menggantikan Surya Tjandra yang sesama kader PSI.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo dirotasi menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Kemudian Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor ditunjukmenjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)