Hubungan China-Amerika Memanas, Menhan Prabowo: Keduanya Teman Baik Indonesia

Senin, 13 Juni 2022 - 10:50 WIB
loading...
Hubungan China-Amerika Memanas, Menhan Prabowo: Keduanya Teman Baik Indonesia
Menhan Prabowo Subianto saat berpidato dalam diskusi panel forum IISS Shangri-La Dialogue 2022, di Singapura, Sabtu (11/6/2022). Foto/IST
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan ( Menhan) Prabowo Subianto memastikan hubungan Indonesia dengan China dan Amerika Serikat berjalan baik. Bahkan, menurut Prabowo, cenderung bersahabat.

Hal itu diungkapkan Prabowo saat melakukan wawancara khusus dengan reporter Al Jazeera di sela-sela kegiatan forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022, Singapura.

"Kami berada dalam posisi nyata dan aktual yang kami hormati dan kami bersahabat, dan kami adalah teman baik. Kami memiliki kerja sama yang baik dengan keduanya," kata Prabowo dikutip, Senin (13/6/2022).



Prabowo mengatakan, Amerika kerap kali membantu Indonesia ketika dalam kondisi krisis. Begitu pula dengan China melakukan hal yang sama.

"Saya telah mengatakan itu berkali-kali. Amerika Serikat telah membantu kami berkali-kali, di saat-saat kritis kami. Tetapi Tiongkok juga telah membantu kami, Tiongkok juga telah membela kami," ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Prabowo, saat ini Indonesia dan China telah menjalin kerja sama bilateral yang erat. Menurut dia, China menjadi tolok ukur peradaban di kawasan Asia.

"Tiongkok sekarang menjadi mitra yang sangat dekat dengan Indonesia. Dan sebenarnya, Tiongkok selalu menjadi peradaban terdepan di Asia," ungkapnya.

Baca juga: Prabowo Yakin China dan Amerika Bijaksana Demi Wujudkan Perdamaian Dunia

Dia berkeyakinan bahwa China dan AS mengaplikasikan gaya kepemimpinan yang baik. Tak hanya itu, Prabowo pun meyakini bahwa seluruh negara di dunia mengharapkan keduanya dapat memberi contoh yang baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)