Lagi, Presiden Ingatkan Krisis Pangan dan Energi

Senin, 13 Juni 2022 - 07:36 WIB
loading...
Lagi, Presiden Ingatkan Krisis Pangan dan Energi
Pesiden Jokowi kembali mengingatkan ancaman krisis pangan dan energi.
A A A
Untuk kesekian kalinya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pentingnya menjaga ketahanan pangan nasional. Pernyataan terbaru disampaikan Presiden saat memberikan sambutan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Himpi) di Jakarta, Jumat (10/6) lalu.

Apa yang disampaikan Jokowi di hadapan para pengusaha itu memang wajar adanya. Pasalnya, akhir-akhir ini persoalan pangan bukan hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di tingkat global.

Gejala-gejala kenaikan harga pangan juga mulai terlihat di lapangan. Misalnya saja, harga minyak goreng yang tak kunjung turun kendati pemerintah telah melepas harga eceran tertinggi (HET)-nya. Kenaikan harga juga terjadi pada cabai yang pada sepekan terakhir naik menjadi di atas Rp100.000 per kg.

Musabab sejumlah kenaikan pangan ini, khusus cabai, karena pasokan di dalam negeri berkurang akibat ganguan produksi.

Selain komoditas pangan, komoditas energi juga masih terkena imbas akibat perang Rusia dan Ukraina yang belum berakhir. Sejumlah operator yang menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) pun meresponsnya dengan menaikkan harga jual produk bensin dan sejenisnya.

Di samping itu, yang harus diwaspadai adalah masalah lain yakni adanya ketidakpastian dalam hal prospek pertumbuhan eknonomi global. Kondisi iIni mau tidak mau memberikan sentimen negatif ke sejumlah sektor ekonomi.

Sejumlah tantangan pun harus dihadapi depan mata akibat kenaikan harga pangan ini. Yang paling nyata adalah imbas ke masalah inflasi yang di beberapa negara sudah melonjak sangat tinggi.

Sebagai contoh, di Amerika Serikat (AS) yang baisanya tingkat inflasi hanya di kisaran 1%, kini sudah mencapai 8,3%. Level inflasi itu merupakan yang tertingi di Negeri Paman Sam dalam 41 tahun terakhir.

Salah satu yang paling ekstrem terjadi di Turki di mana laju infasi mencapai 36,1%, tertinggi dalam 19 tahun. Sementara di Indonesia, pada Mei 2022 mencapai 3,55%, tertinggi sejak 2017 silam.

Dalam pidato di hadapan anggota Hipmi, Jokowi juga mengungkapkan saat ini diperkirakan ada 60 negara yang akan mengalami kesulitan keuangan maupun ekonomi, dan diperkirakan mereka akan menjadi negara gagal kalau tidak bisa segera mengatasi ekonominya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)