Pembangunan Infrastruktur Kesehatan Era Jokowi Sentuh hingga Pelosok Pedesaan

Minggu, 12 Juni 2022 - 23:07 WIB
loading...
Pembangunan Infrastruktur Kesehatan Era Jokowi Sentuh hingga Pelosok Pedesaan
Anggota DPRD Jawa Timur Hikmah Bafaqih mengatakan, fokus Jokowi dengan mendorong realisasi penguatan infrastruktur kesehatan merupakan langkah tepat. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Pembangunan infrastruktur kesehatan di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai telah menyentuh hingga ke pedesaan. Hal itu sebagai langkah melindungi kesehatan masyarakat, terutama di tengah kondisi pandemi Covid 19 yang masih melanda.

Anggota DPRD Jawa Timur Hikmah Bafaqih mengatakan, fokus Jokowi dengan mendorong realisasi penguatan infrastruktur kesehatan merupakan langkah tepat. Lantaran kondisi demikian menjadi kebutuhan yang dinantikan masyarakat.

Baca juga: Jokowi soal Penanganan Covid-19: Hampir Rp1.400 Triliun Hilang

Terutama infrastruktur kesehatan berupa pembangunan fisik, seperti rumah sakit, puskesmas, klinik, hingga apotek. Manfaat keberadaannya pun terus dikembangkan meski sudah bisa dinikmati banyak masyarakat.

"Saya pikir sekarang infrastruktur fisik itu yang perlu dikembanhkan itu yang di pelosok. Layaanan untuk yang dikepulauan kalau yang ada di dalam kota," kata Hikmah, Minggu (12/6/2022).

Dia menjelaskan, untuk pembangunan infrasturktur kesehatan terbagi ke dalam dua bagian inti, yakni pembangunan fisik dan Sumber Daya Manusia (SDM), dalam hal ini tenaga kesehatan.

Menurut dia, kedua komponen tersebut merupakan alat vital yang saling berketerkaitan satu sama lain. Artinya, keberadaannya harus saling beriringan, sehingga dapat menghasilkan manfaat yang optimal bagi masyarakat.

"Infrastruktur kesehata ada dua maknanya, satu fisik dan kedua SDM. Untuk yang fisik relatif kehadirannya ada," papar Hikmah.

Dia berharap, dengan kemajuan yang sudah ada saat ini, pemerintah dapat terus mengawal progres perkembangan pembangunan infrastruktur kesehatan. Sehingga jumlahnya semakin meningkat demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Yang kedua yakni infrastruktur SDM kesehatan, ini yang harus terus selalu diperkuat, dari sisi jumlah maupun kualitas," pungkas Hikmah.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)