Konfirmasi Positif Covid-19 Terus Bertambah, Ini Penjelasan Satgas

Jum'at, 10 Juni 2022 - 18:52 WIB
loading...
Konfirmasi Positif Covid-19 Terus Bertambah, Ini Penjelasan Satgas
Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah dalam beberapa hari terakhir. Pada Jumat, 10 Juni 2022 angka kasus bertambah 627 kasus. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah dalam beberapa hari terakhir. Pada Jumat, 10 Juni 2022 angka kasus Covid-19 bertambah 627 kasus.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Indonesia Hari ini Bertambah 627, Meninggal 3 Orang

Menanggapi hal ini, Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19, Alexander K Ginting mengatakan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan kasus Covid-19.



Pertama, mobilitas masyarakat yang semakin meningkat akibat pelonggaran prokes pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di level 1 dan 2.

"Anak sekolah sudah full dan pekerja sudah WFO 100 persen dan mereka berinteraksi di perjalanan," kata Alexander saat dihubungi MNC Portal.

Selanjutnya, pencapaian vaksinasi ketiga atau booster baik akselerasi dan akses tidak secepat sewaktu vaksinasi 1 dan 2 khusus nya pada populasi rentan.

"Kemudian (jenis varian) Omicron sepanjang masing ditularkan dan penularan maka tetap berpotensi terjadi mutasi. Lab virologi di Jakarta dan daerah tidak semuanya punya kemampuan untuk mendeteksi jenis mutasi," tuturnya.

Karena itu lanjut dia, pemerintah diminta untuk tidak terburu-buru mencabut status pandemi menjadi endemi. Di mana untuk mencabut status tersebut, pemerintah harus mengamati sinyal virologi dan signal epidemiologi pada enam bulan ke depan.

"Apakah (setelah 6 bulan itu) benar-benar terkendali atau ada penularan seperti gunung es," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)