Momentum Pemulihan Ekonomi melalui UMKM

Selasa, 07 Juni 2022 - 06:39 WIB
loading...
Momentum Pemulihan Ekonomi melalui UMKM
Sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diharapkan kembali bangkit seiring makin terkendalinya pandemi Covid-19 di Tanah Air sehingga dapat berkontribusi optimal terhadap pemulihan perekonomian nasional (KORAN SINDO/Wawan Bastian)
A A A
SALAH satu sektor yang berperan penting dalam proses pemulihan ekonomi adalah usaha mikro kecil menengah (UMKM). Kontribusi UMKM tercatat mencapai kisaran 61% terhadap PDB nasional dan menyerap 97% dari total tenaga kerja. Di setiap krisis, UMKM bahkan menjadi buffer, bersifat resilien, dan bisa pulih dengan baik.

Oleh karena itu, pengembangan UMKM menjadi fokus utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Salah satu strategi dalam mengembangkan UMKM agar naik kelas yaitu melalui peningkatan akses pembiayaan. Pemerintah berencana meningkatkan porsi kredit UMKM minimal sebesar 30% pada 2024. Namun, saat ini porsi kredit UMKM dari total kredit baru pada kisaran 18% sehingga perlu terus ditingkatkan.

Pemerintah telah mengeluarkan berbagai bentuk kebijakan untuk meningkatkan akses pembiayaan UMKM. Satu di antaranya dalam bentuk pembayaran iuran jasa penjaminan, maupun subsidi bunga dalam kredit usaha rakyat (KUR), yang sumber dananya berasal dari lembaga keuangan. Selain itu, pembiayaan ultramikro menggunakan pendanaan yang berasal dari APBN dan dana bergulir serta pembiayaan syariah dan disalurkan melalui lembaga keuangan mikro.

UMKM juga dapat ditingkatkan melalui inovasi digital, baik bisnis proses maupun pelayanan agar dapat lebih cepat, efektif, dan efisien.

Keberadaan UMKM merupakan pilar penting bagi pembangunan suatu negara. Kalau UMKM bangkit, maka perekonomian akan terungkit.

Sementara, kinerja perbankan semakin membaik di tengah pemulihan perekonomian. Bank Indonesia (BI) mencatatkan fungsi intermediasi perbankan melanjutkan perbaikan di mana kredit tumbuh 9,10% year on year (yoy) per April 2022.

Pertumbuhan kredit terjadi di seluruh kelompok bank, dan sebagian besar segmen kredit, beserta sektor ekonomi. Dari sisi penawaran, peningkatan kredit juga didukung standar penyaluran kredit perbankan yang terus melonggar. Terutama di sektor perdagangan, industri, dan pertanian.

Dari sisi permintaan, meningkatnya permintaan kredit juga didukung oleh pemulihan kinerja korporasi yang terus berlanjut. Tercermin dari perbaikan penjualan, kemampuan membayar, dan belanja modal.

Sedangkan penyaluran kredit di sektor UMKM tumbuh 16,75% yoy pada April 2022. Hal ini menunjukkan komitmen antara regulator dan pemerintah dalam peningkatan kredit ke sektor UMKM guna mendorong pembangunan yang inklusif.

Kondisi perbankan masih kokoh tercermin dari rasio kecukupan modal minimum atau capital adequacy ratio (CAR) di level 24,79% per Maret 2022. Sedangkan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) gross mencapai 2,99% dengan NPL net sebesar 0,48%.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, secara sektoral, kredit sektor pertambangan dan manufaktur mencatatkan kenaikan terbesar secara bulanan (month to month/mtm) masing-masing sebesar Rp21,5 triliun dan Rp20,8 triliun.

BI meyakini kredit sektor perbankan semakin baik ke depannya seiring dengan tren perekonomian yang tumbuh positif. Adapun pada kuartal I/2022, ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,01%. Pengaruh pandemi Covid-19 yang berkepanjangan secara bertahap bisa teratasi.

Ekonomi nasional tumbuh dan korporasi juga tumbuh sangat baik. Sebagian besar penjualan korporasi sudah positif. Hal ini mendorong permintaan kredit modal kerja. Demikian juga belanja modal (capital expenditure/capex) korporasi telah tumbuh semakin baik dan itu mendorong permintaan kredit investasi.

Ke depan, diharapkan kondisi ekonomi yang semakin kondusif akan memacu pelaku?usaha swasta dengan skala besar mulai merealisasikan investasinya untuk kemudian?mendorong penguatan dari sisi demand/permintaan, sehingga pertumbuhan ekonomi?dan bisnis akan terus berlanjut.

Baca Juga: koran-sindo.com
(bmm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)