Hari Lingkungan Hidup, KLHK Gaet Sejumlah Komunitas untuk Jaga Kualitas Udara

Senin, 06 Juni 2022 - 14:07 WIB
loading...
Hari Lingkungan Hidup, KLHK Gaet Sejumlah Komunitas untuk Jaga Kualitas Udara
Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkolaborasi dengan sejumlah komunitas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkolaborasi dengan sejumlah komunitas. Kolaborasi ini dimaksudkan, untuk melibatkan peran semua unsur masyarakat demi menjaga kualitas udara.



"Tujuan kegiatan ini adalah mengajak dan mendorong partisipasi semua pihak menjaga kelestarian lingkungan dan memasyarakatkan penggunaan sepeda, sebagai alat transportasi dalam kegiatan sehari-hari yang ramah lingkungan," kata Sigit dalam keterangan persnya, Senin (6/6/2022)..

Kegiatan bersepeda bersama ini dimulai dari 2 lokasi start yaitu di Balai Kota DKI Jakarta dan dari Kota Tangerang Selatan, menuju finish di Gedung Manggala Wanabahkti. Jarak tempuh dari Balaikota DKI Jakarta kurang lebih 8,5 km.

Dari Kota Tangerang Selatan menuju titik akhir di Gedung Manggala Wanabhakti berjarak kurang lebih 22 km. Peserta kegiatan bersepada ini lebih dari seribu orang yang merupakan anggota komunitas bersepeda dan masyarakat pecinta sepeda untuk aktivitasnya sehari hari maupun bersepeda untuk olah raga.

Sigit mengatakan, sejalan dengan tema hari lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022 Only One Earth atau Satu Bumi untuk Masa Depan, yang mempunyai arti satu bumi untuk masa depan.

"Kami berharap tumbuhnya kedasaran kita semua agar lebih memperhatikan dan merawat lingkungan. Memperhatikan dan merawat bumi tempat kita berada agar lestari. Salah satu caranya adalah menjaga udara agar lebih bersih," jelas Sigit.

"Bersepeda sebagai alat transportasi merupakan salah satu cara yang dapat diilakukan oleh kita semua, untuk berpartisipasi dalam upaya hemat energi, mengurangi pencemaran udara, memperbaiki kualitas udara, dan menjaga kesehatan. Harapannya adalah hidup sehat di lingkungan yang sehat," katanya.

Lebih lanjut dikatakan Sigit, kegiatan sepeda bersama Ini salah satu upaya kita bersama komunitas untuk menjadi gerakan mencintai lingkungan.

"Kita punya satu ukuran yang digunakan sebagai ukuran nasional yaitu Indek kualitas lingkungan hidup Indonesia, salah satunya untuk kulaitas udara," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)