Hari Lingkungan Hidup, Pemerintah Diminta Wujudkan Politik Hijau

Sabtu, 05 Juni 2021 - 10:53 WIB
loading...
Hari Lingkungan Hidup, Pemerintah Diminta Wujudkan Politik Hijau
DPP Kominte Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) meminta pemerintah untuk mewujudkan politik hijau (green politic), yaitu kebijakan politik negara yang ramah lingkungan. Ilustrasi/Koran SINDO
A A A
JAKARTA - DPP Kominte Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) meminta pemerintah untuk mewujudkan politik hijau (green politics), yaitu kebijakan politik negara yang ramah lingkungan . Indonesia harus menjadi negara yang terdepan menyuarakan kampanye konservasi dan penyelamatan lingkungan dari bahaya pemanasan global (global warming).

Ketua Politik DPP KNPI Dikson Ringo mengatakan, pihaknya berharap agar negara meluncurkan program konservasi lingkungan berkelanjutan pada momentum hari lingkungan se-dunia, 5 Juni 2021, yaitu Indonesia Go Green, skema gerakan lingkungan berkelanjutan.

"Mengedepankan partisipasi gotong royong pemuda dan rakyat. Segala proses pembangunan dan investasi di era revolusi industri 4.0 saat ini harus dibarengi dengan agenda go green, ujar Dikson Ringo.

KNPI mengharapkan pemuda mendukung pemerintah dalam gerakan nasional konservasi alam, penghijauan dan juga mendorong pemerintah gencar mencari sumber energi alternatif yang ramah lingkungan.

"Eksploitasi SDA seperti batu bara untuk energi listrik harus dikurangi, beralih ke energi terbarukan. Investasi hendaknya menekankan pada green industri, yaitu investasi yang pro-lingkungan. Hal ini akan menjadikan Indonesia kembali hijau, semakin sehat dan terbebas dari bencana akibat perubahan iklim," tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)