Baca Yuk! Ini Daftar Kepangkatan dan Kecabangan TNI AD

Minggu, 05 Juni 2022 - 06:18 WIB
loading...
Baca Yuk! Ini Daftar Kepangkatan dan Kecabangan TNI AD
Tanda kepangkatan sangat penting untuk menunjukan kedudukan dan tanggung jawab seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tanda kepangkatan sangat penting untuk menunjukan kedudukan dan tanggung jawab seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) . Karena itu, setiap prajurit diberikan pangkat sesuai dengan keabsahan wewenang dan tanggung jawabnya dalam hierarki keprajuritan TNI AD.

Jenjang Kepangkatan di TNI dibagi dalam beberapa hierarki mulai dari pangkat tertinggi Perwira, kemudian Bintara dan yang terendah Tamtama.

Tanda kepangkatan ini mengikuti pakaian dinas yang dipakai, seperti Pakaian Dinas Upacara (PDU), Pakaian Dinas Harian (PDH), dan Pakaian Dinas Lapangan (PDL). Pakaian dinas dan atribut tersebut sudah diatur dalam peraturan TNI.

Berikut daftar kepangkatan di TNI AD:

1. Pangkat Kehormatan
Pangkat kehormatan di TNI AD disebut Jenderal Besar yang ditandai dengan bintang lima. Hingga kini, baru tiga orang yang mendapatkan pangkat kehormatan ini, yaitu Jenderal Besar Sudirman, Jenderal Besar Abdul Haris Nasution, dan Jenderal Besar Suharto.

2. Perwira Tinggi
Kepangkatan untuk perwira tinggi (Pati) dibagi dalam empat jenjang. Tertinggi yakni, Jenderal yang ditandai dengan empat bintang, Letnan Jenderal dengan tiga bintang, Mayor Jenderal dengan dua bintang, dan Brigadir Jenderal dengan satu bintang.

3. Perwira Menengah
Kepangkatan untuk perwira menengah dibagi dalam tiga jenjang yaitu Kolonel yang ditandai dengan tiga melati emas. Kemudiain Letnan Kolonel (Letkol) dengan dua melati, dan Mayor dengan satu melati.

4. Perwira Pertama
Kepangkatan untuk perwira pertama terbagi dalam tiga jenjang yaitu pangkat tertinggi Kapten yang ditandai dengan tiga garis, kemudian Letnan Satu (Lettu) dua garis, dan Letnan Dua (Letda) satu garis.

5. Bintara Tinggi
Pada kepangkatan bintara tinggi hanya ada dua pangkat, yaitu Pembantu Letnan Satu (Peltu) yang ditandai dengan lambang dua garis bergelombang dan Pembantu Letnan Dua (Pelda) dengan lambang satu garis bergelombang.

6. Bintara
Struktur kepangkatan bintara ada empat jenjang pangkat yakni Sersan Mayor, Sersan Kepala, Sersan Satu, dan Sersan Dua.

7. Tamtama Kepala
Tamtama Kepala mempunyai tiga pangkat, yaitu Kopral Kepala (Kopka), Kopral Satu (Koptu), Kopral Dua (Kopda).

8. Tamtama
Struktur kepangkatan Tamtama tiga jenjang yaitu Prajurit Kepala (Praka), Prajurit Satu (Pratu), dan Prajurit Dua (Prada).

Selain daftar kepangkatan, TNI AD juga memiliki daftar kecabangan. Yang mana, kesatuan terbesar dalam TNI AD dengan pasukan Infanteri adalah kekuatan utama dan terbesarnya.

Berikut daftar kecabangan di TNI AD:

1. Korps Infanteri (INF)
Adalah pasukan pejalan kaki. Merupakan pasukan terbesar dan tempur utama di TNI AD. Sedangkan Kostrad dan Kopassus merupakan bidangnya. Di Indonesia terdapat lebih dari ratusan Batalyon baik raider maupun mekanis. Satuan ini dapat dibedakan dari warna baretnya hijau. Infanteri berada di bawah Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif) yang komandannya berpangkat Letnan Jenderal.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)
pixels