Azyumardi Azra: Dewan Pers itu Mitra Pemerintah

Sabtu, 04 Juni 2022 - 11:44 WIB
loading...
Azyumardi Azra: Dewan Pers itu Mitra Pemerintah
Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra mengungkapkan bahwa pihaknya adalah mitra pemerintah. Foto/Dewan Pers
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra mengungkapkan bahwa pihaknya adalah mitra pemerintah. Dia ingin Dewan Pers bisa sebagai mitra kritis.

"Dewan Pers itu mitra pemerintah. Kita ingin Dewan Pers bisa menjadi mitra kritis," katanya dalam siaran pers Dewan Pers, Sabtu (4/6/2022).

Menurutnya, pers perlu mendukung kebijakan positif dari pemerintah. Namun jika dirasakan ada kebijakan pemerintah yang tidak tepat, kewajiban bagi pers untuk memberi masukan.





Kendati demikian, kata dia, Dewan Pers tidak mungkin dapat sendirian untuk memberi kritik atau masukan pada pemerintah. Bagaimanapun, itu perlu kerja sama banyak pihak agar perbaikan kondisi bangsa lebih cepat terlaksana.

Selain itu, dia juga mengaku prihatin dengan banyaknya media abal-abal di Indonesia. "Medianya abal-abal, penulis abal-abal,terkadang isinya juga abal-abal. Ini yang membuat repot banyak pihak," tuturnya.

Dia menambahkan, jurnalisme haruslah berkualitas. Dengan begitu, berita yang disajikan pewarta akan kredibel dan akuntabel atau dapat dipertanggungjawabkan.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)