Menjelajahi Cerpen-cerpen Religi

Minggu, 29 Mei 2022 - 09:21 WIB
loading...
A A A
Setidaknya ada enam judul cerpen yang berkaitan dengan lebaran, yakni: “Seperti Lebaran Tahun Lalu”, “Teriakan Hari Raya (THR)”, “Oleh-oleh Lebaran”, “Nostalgia Lebaran”, “Paku yang Keseratus”, dan “Di Beranda, Jika Saatnya Tiba”. Di cerpen-cerpen tersebut diangkat tokoh utama dengan beragam profesi (TKW, pembantu rumah tangga, pensiunan, tukang tambal ban) saat menghadapi peliknya persoalan hidup dan harus merayakan lebaran –tapi sebgian menyajikan bahwa momentum lebaran selalu mendatangkan kegembiraan untuk dijalani.

Cerpen berjudul “Kado Kemenangan” juga bercerita ihwal lebaran, namun lebih menitikberatkan pencarian eksistensi diri dari sang tokoh, pengembaraannya mencari dan menemukan (terlebih akhirnya mempercayai) Tuhan beserta agama yang dianutnya. Cerpen ini secara isi berat, tapi dua strategi yang digunakan penulis untuk membuat cerpen ini terkesan cair tampaknya berhasil. Pertama, cerpen ini dibuka dengan puisi dari teman sang tokoh utama. Kedua, ada banyak dialog yang kocak dan ringan tentang dua tokoh yang diceritakan.

Hemat saya, buku kumcer ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif bacaan sastra yang mengasyikan di antara bacaa-bacaan sastra yang tersedia. Meski hampir keseluruhan cerpen-cerpen di buku ini mengangkat tema keagamaan dalam dinamika sosial, tapi karena di tiap judul selalu menghadirkan fenomena unik dan pendekatan yang khas, pembaca ditanggung tidak akan merasa bosan dan jenuh membacanya.

Akhirnya, membaca cerpen-cerpen di buku ini seperti menjelajahi aroma wangi fenomena keagamaan di sekitar kita.

Judul Buku : Aroma Wangi Anak-anak Serambi

Penulis : Marwanto

Penerbit : Poesies Indonesia, Cirebon Jawa Barat.

Cetakan : Pertama, November 2021

Tebal : vi+102 Halaman

ISBN : 978-623-97730-9-0
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3185 seconds (0.1#10.140)