Libatkan Berbagai Elemen, Menristek Bentuk Konsorsium Riset Terkait Corona

Senin, 22 Juni 2020 - 20:58 WIB
loading...
A A A
Profesor Riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dewi Fortuna Anwar mengungkapan, menciptakan hal tersebut, perlu peran aktif dari aktor-aktor utama yang memungkinkan terbentuknya ekosistem pengetahuan dan inovasi.

"Mereka adalah para knowledge producers (penghasil pengetahuan, universitas, lembaga penelitian atau thinktank), knowledge users (pengguna pengetahuan, kementerian), knowledge enablers (pembuat kebijakan dan badan pendanaan), dan knowledge intermediaries (media dan organisasi masyarakat sipil)," kata Dewi Fortuna.

Dewi Fortuna menegaskan, dalam ekosistem inovasi, hasil dari riset vaksin yang disebutkan oleh Menristek tersebut akan menghasilkan hilirisasi. Fokusnya bagaimana seluruh elemen ini bersinergi agar hasil penelitian bisa menjadi inovasi: dipasarkan, digunakan, dan dengan demikian mendongkrak kemajuan dan daya saing bangsa. Kemajuan bangsa, dalam konteks ekonomi global, dinilai lewat daya saing dan kemampuan inovasi.

"Dalam implementasinya, ekosistem pengetahuan maupun inovasi membutuhkan kapasitas negara untuk menggerakkan semua elemennya. Kapasitas negara ini tercermin dari kapasitas kelembagaan dan kapasitas sumber daya manusia ASN-nya yang mempunyai kinerja secara efisien dan efektif," ucap Dewi Fortuna Anwar.

Peneliti Senior Center for Innovation Policy and Governance (CIPG) Yanuar Nugroho memberikan tanggapannya pada acara ini, saat ini yang dibutuhkan oleh ekosistem riset dan inovasi adalah state capacity, bagaimana negara mengatur, hadir dan mengorkestrasi agar ekosistem ini berjalan dengan baik.

"Karena masih ada beberapa tantangan untuk dihadapi bukan hanya tantangan teknologi namun yang lebih besar adalah tantangan sumber daya manusia," tuturnya.

Kuasa Usaha Australia untuk Indonesia Allaster Cox yang turut hadir dan memberikan sambutan pembuka pada Diskusi Kebijakan ini mengatakan, Australia berkomitmen bekerja sama dengan Indonesia dalam mengatasi Covid-19. Melalui program kerja sama pembangunan, kami bermitra dengan thinktank lokal dan mendanai penelitian baru yang dapat digunakan menjadi dasar penanganan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia.

"Secara paralel, kami bekerja dengan Indonesia untuk memperkuat ekosistem pengetahuan dan inovasi agar dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi jangka panjang," ujarnya.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)