Charta Politika Sebut Kode Jokowi soal 2024 di Rakernas Projo Mengarah ke Ganjar

Sabtu, 21 Mei 2022 - 22:10 WIB
loading...
Charta Politika Sebut Kode Jokowi soal 2024 di Rakernas Projo Mengarah ke Ganjar
Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya mengatakan Presiden Jokowi telah memberikan sinyal dukungan kepada Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan sinyal dukungan kepada Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Menurut Yunarto, dukungan Jokowi sebagai king maker politik itu dapat terlihat pada pidato sambutan Jokowi di Rakernas V Projo di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Dalam sambutannya, Jokowi menyebutkan kemungkinan figur yang didukung di Pilpres 2024 hadir dalam acara tersebut. Hadir dalam acara itu Ganjar Pranowo dan KSP Moeldoko. Baca juga: Hadiri Rakernas V Projo, Jokowi Minta Urusan Politik Jangan Tergesa-gesa

"Kalau bisa disebut di sini memang spekulasi akan mengarah kepada Mas Ganjar, dan saya tidak tau apakah dipilihnya Magelang adalah simbol, masih belum bisa menjelaskan," ujar Yunarto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (21/5/2022).

Yunarto menjelaskan Ganjar memiliki rating popularitas dan elektabilitas paling tinggi di antara figur-figur yang disebut dalam lembaga survei kredibel. Sedangkan Moeldoko meskipun mempunyai ambisi, masih kalah dengan Ganjar.

"Ganjar sudah ratingnya tertinggi dan ketika ditanya brand association dari Ganjar memang dia dianggap paling kuat menjadi penerus Jokowi dibandingkan dengan nama-nama lain," tegasnya.

Jokowi dalam pidatonya menyampaikan kepada relawan untuk tidak tergesa-gesa dalam menentukan pilihan. Menurut Yunarto, hal itu bisa bermakna Jokowi ingin stabilitas politiknya tidak terganggu. Baca juga: Ganjar Ungkap Cara Ampuh Cegah Korupsi dan Pungli di Jawa Tengah



"Diartikan dua hal ya, Presiden tidak ingin stabilitas politiknya terganggu. Kedua, kalau jagoan kita (Projo) akan maju, ikuti cara saya dan jangan tergesa-gesa," kata Yunarto.
(kri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1840 seconds (11.97#12.26)