Harkitnas, Momentum Bangkit dari Pandemi dan Semangat Pantang Menyerah

Jum'at, 20 Mei 2022 - 23:16 WIB
loading...
Harkitnas, Momentum Bangkit dari Pandemi dan Semangat Pantang Menyerah
Forum Ketua Umum dan Tokoh Relawan Se-Indonesia menyelenggarakan peringatan Harkitnas yang ke-114 di Tugu Kebangkitan Nasional (Tugu Lilin) Kota Surakarta, Jumat (20/5/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Hari Kebangkinan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap tanggal 20 Mei, menjadi momentum untuk semua elemen kembali bersatu memajukan bangsa. Hal ini dikatakan oleh Ketua Panitia Nasional Hari Kebangkitan Nasional 2022 Forum Relawan, Nirmala Firdaus.

Baca juga: Wabup Gowa Sebut Harkitnas sebagai Momentum Bangkit dari Pandemi Covid-19

Dalam momen Harkitnas 2022, Forum Ketua Umum dan Tokoh Relawan Se-Indonesia menyelenggarakan peringatan Harkitnas yang ke-114 di Tugu Kebangkitan Nasional (Tugu Lilin) Kota Surakarta, Jumat (20/5/2022).



"Maka dari itu kita sebagai warga negara, khususnya para pemuda, sudah seharusnya merayakan hari kebangkitan nasional. Karena di sinilah merupakan tonggak sejarah awal dari kesadaran, bahwa kita adalah satu bangsa yang bersatu dan besar," kata Nirmala.

"Kita juga harus mengingat semangat pantang menyerah para pejuang kebangsaan terdahulu dan menerapkanya pada masa kini, untuk bangkit dari pandemi dan krisis multidimensi yang sedang melanda dunia," tambahnya.

Sekretaris Panitia Nasional Hari Kebangkitan Nasional 2022, Jeff Sondakh menambahkan, selain dihadiri perwakilan dari berbagai organisasi relawan seluruh Indonesia, acara juga disiarkan
secara daring.

"Kami adakan di Tugu Kebangkitan Nasional atau Tugu Lilin karena Solo merupakan kota pergerakan. Acara juga kami siarkan secara live agar teman-teman relawan semua dapat merasakan semangat yang sama," kata Jeff Sondakh.

Sementara Wakil Ketua Panitia Nasional Hari Kebangkitan Nasional 2022, Carl Ideas menjelaskan tentang diadakannya acara ini di Tugu Lilin.

Dikatakan Carl, Tugu Lilin didirikan untuk peringatan 25 tahun lahirnya Hari Kebangkitan Nasional. Bentuk tugu memiliki simbol kekuatan dan lilin dengan api yang menyala di puncaknya memiliki arti penerang dari sebuah harapan.

"Acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional akan seterusnya diadakan rutin setiap tahunya mengingat kondisi bangsa yang saat ini masih terpolarisasi secara politik. Hal ini menjadi alasan utama untuk mengobarkan kembali semangat kebangkitan nasional dan nasionalisme yang menyatukan bangsa ini. Apalagi sebentar lagi akan memasuki tahun politik," tutup Carl Ideas.
(maf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1642 seconds (11.210#12.26)