Pendidikan Islam dan Kebangkitan Nasional

Jum'at, 20 Mei 2022 - 16:48 WIB
loading...
A A A
Kombinasi perbaikan performa pendidikan Islam di berbagai lini, internasionalisasi pendidikan bercirikan Islam Indonesia, dan penguatan nilai moderasi beragama meneguhan satu hal penting bahwa pendidikan Islam Indonesia terus bergerak dengan semangat peningkatan mutu, kemajuan, dan nilai asali pendidikan Islam Indonesia.

Hal demikian menjadi penting karena beberapa hal. Pertama, “merebut peluang” penting. Wajah pendidikan Islam secara internasional saat ini dicitrakan tetap berkelindan dengan pandangan intoleran dan radikal. Kehadiran dan promosi pendidikan Islam dan pendidikan yang bercirikan Islam Indonesia dengan nilai moderatismenya, dengan sendirinya memiliki peluang besar untuk merebut panggung dan arus utama pendidikan Islam dunia. Indikasi ini terihat dari gambaran dan asumsi publik internasional tentang madrasah belakangan.

Kemenangan rezim Taliban di Afghanistan menjadi komoditas kepentingan politik yang meletakkan pelabelan Taliban sebagai produk madrasah Deoband. Meski otoritas madrasah Deoband di India menolak jejaring ini, keberadaan madrasah Deoband di kamp-kamp pengungsi di Pakistan dan sepanjang perbatasan Afghanistan-India, sebagai basis transmisi pengetahuan dan pendidikan Taliban, tidak dapat dibantah begitu saja.

Reportase berjudul Where Afghanistan’s New Taliban Leaders Went to School di The New York Times (25/11/2021) dengan asosiatif menghubungkan Deoband India dan Pakistan sebagai basis radikalisme para pemimpin Taliban. Reportase ini menjadi pemantik laporan dan opini serupa di berbagai media Barat kemudian.

Di sudut lain, pertikaian dan konflik politik dan sosial yang tidak berkesudahan di Timur Tengah dan belahan Afrika Utara (di mana basis pendidikan Islam berada) mencerminkan kegagalan transmisi nilai pendidikan Islam setempat dalam membangun perdamaian. Akibatnya, dalam banyak hal wajah pendidikan Islam secara umum masih dekat dan asosiatif dengan pandangan konservatvisme hingga ektremisme.

Kedua, kampanye moderatisme (washatiyah) menjadi sarana efektif untuk memperkuat dan menjaga identitas asali pendidikan Islam Indonesia. Upaya ini menjadi penting karena pendidikan dalam semua jenisnya dalah entitas yang menghadapi demikian banyak disrupsi dan perkembangan yang ada. Contohnya, dengan perkembangan falsafah pendidikan yang terlalu mengedepankan kecanggihan teknologi sebagai dampak upaya bangkit dari distraksi sosial, pendidikan dapat kehilangan ruhnya untuk pertama sekali mementingkan persona (individu), bukan pada materia (barang atau sarana). Moderatisme menekankan pentingnya sikap berada di tengah dan penghargaan terhadap lokalitas.

Ketiga, pengarusutamaan (mainstreaming) kebangkitan pendidikan bercirikan Islam Indonesia. Jika selama ini jejak pendidikan yang bercirikan Islam Indonesia tidak menjadi hitungan utama dalam literatur pendidikan Islam dunia, langkah internasionalisasi dan penguatan moderasi beragama secara internal tersebut akan menjadi jawaban tegasnya. Mona Abaza saat menerangkan lema “Madrasah” dalam The Oxford Encyclopedia of the Modern Islamic World terlihat ragu dan tidak eksplisit mengeksplorasi khazanah pendidikan Islam Indonesia, alih-alih menyebutnya sebagai bagian dari perkembangan madrasah di Malaysia (Kedah dan Kelantan) dan Thailand bagian Selatan (Pattani).

Pandangan Mona Abaza seperti cerminan betapa pendidikan Islam Indonesia memang masih jauh dari idealitas pengakuan dengan kiprah yang diaminkan publik internasional. Momentum Hari Kebangkitan Nasional sepatutnya menjadi energi positif bagi insan pendidikan Islam untuk menjadi daya dorong menuju kemajuan bersama.

Baca Juga: koran-sindo.com
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)