Utamakan Jokowi saat Silaturahmi Lebaran, Prabowo Dinilai Mengerti Tata Krama Politik

Sabtu, 07 Mei 2022 - 19:49 WIB
loading...
Utamakan Jokowi saat Silaturahmi Lebaran, Prabowo Dinilai Mengerti Tata Krama Politik
Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto bersilaturahmi ke Presiden Jokowi saat Hari Raya Idul Fitri. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Sikap Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto bersilaturahmi ke sejumlah tokoh agama dan figur politik saat libur Idul Fitri 1443 H/2022 M mendapat apresiasi.

Konsultan media dan politik Hersubeno Arief memuji kegiatan silaturahmi Menteri Pertahanan (Menhan). Menurut dia, Prabowo sangat mengedepankan fatsun politik yang tinggi. “Atau dalam bahasa Jawa, ini dia ngerti unggah-ungguh tata krama politik Indonesia yang dominan dengan kultur Jawa," ucapnya, melansir kanal YouTube Hersubeno Point, Sabtu (7/5/2022).

Hersubeno mengatakan, Prabowo memiliki tata krama yang baik. Hal itu terlihat pada pilihan Prabowo yang mengutamakan bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Yogyakarta lebih dulu dibandingkan Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, di Jakarta pada hari pertama Lebaran. Meskipun jarak kediaman Megawati lebih dekat daripada kediaman Prabowo di Hambalang, Jawa Barat.



"Coba perhatikan keputusannya untuk tetap menjadikan kunjungan ke Jokowi sebagai prioritas utama, walaupun jauh-jauh ke Jogja itu tetap dia tempatkan di dalam daftar utamanya, bukan misalnya ke Megawati dulu karena Megawati sebenarnya dari sisi jarak jauh lebih mudah, lebih dekat dibandingkan dari Hambalang terus menuju ke Yogyakarta. Demi menjaga unggah-ungguh tata krama politik, Prabowo harus terbang dari Jakarta ke Yogayakarta, balik lagi ke Jakarta, baru setelah itu dia terbang jauh ke Jawa Timur," imbuh dia.

Diketahui, usai mengikuti Salat Id di Hambalang, Prabowo langsung bertolak ke Yogyakarta untuk bersilaturahmi dengan Presiden Jokowi. Beberapa jam kemudian, mantan Danjen Kopassus itu terbang kembali ke Jakarta menemui Megawati di Jalan Teuku Umar, kawasan Menteng.



Pada hari kedua Lebaran atau Selasa, 3 Mei 2022, Prabowo dan rombongan baru menuju ke Jawa Timur (Jatim) menemui sejumlah ulama, di antaranya Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Walisongo di Situbondo Kiai Kholil As'ad, dan Pimpinan Ponpes Al-Qodiri Jember Kiai Ahmad Muzaki Syaha.

Prabowo pun bersilaturahmi dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) di dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Kota Surabaya, pada hari yang sama. Prabowo melanjutkan ziarah ke makam Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), di Kompleks Ponpes Tebuireng Kabupaten Jombang.

Keesokan harinya, Kamis, 5 Mei 2022 Prabowo melanjutkan safarinya dengan menemui anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Luthfi bin Yahya alias Habib Luthfi, di Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2312 seconds (0.1#10.140)