Pengamat: Safari Politik Prabowo Perbesar Potensi Kemenangan di Pilpres 2024

Jum'at, 06 Mei 2022 - 21:30 WIB
loading...
Pengamat: Safari Politik Prabowo Perbesar Potensi Kemenangan di Pilpres 2024
Pengamat Politik Arif Nurul Imam menilai kunjungan Prabowo ke Jawa Timur dan silaturahmi dengan para kiai tentu menjadi sinyalemen Prabowo Subianto akan maju Pilpres di 2024. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Safari politik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ke Jawa Timur dengan mengunjungi dan bersilaturahmi dengan para kiai tentu menjadi nilai sendiri jika dilihat dari kacamata elektoral. Sebab, pada Pilpres 2019 Prabowo tidak mendapat dukungan signifikan di Jawa Timur .

"Kunjungan Prabowo ke Jawa Timur dan silaturahmi dengan para kiai tentu menjadi sinyalemen Prabowo akan maju Pilpres di 2024. Kunjungan ini tentu akan memperbesar potensi kemenangan Prabowo karena Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang memiliki pemilih gemuk," ujar Pengamat Politik Arif Nurul Imam kepada awak media, Jumat (6/5/2022). Baca juga: Habib Luthfi Pesan ke Prabowo: Jaga Kesehatan, Kita Harus Terus Berjuang



Apalagi, kata Arif, kunjungan ini juga bersilaturahmi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang notabene memiliki basis masa riil. Selain mengunjungi beberapa kiai dan ziarah ke makam mantan Presiden Abdurahman Wahid atau Gus Dur.

"Ini bisa dibaca sebagai bagian Prabowo melakukan penetrasi pemilih sehingga jika melihat respons kunjungan tersebut potensi akan mendukung Prabowo jika maju Pilpres lagi," tuturnya.

Menurutnya, Jawa Timur sebagai provinsi yang memiliki pemilih terbesar kedua setelah Jawa Barat memang menjadi salah satu kunci memenangkan Pilpres.

"Karena itu kunjungan ini juga bisa memperbesar dukungan Prabowo Subianto, terutama di wilayah Jawa Timur sehingga potensi menang di Pilpres 2024 akan makin terbuka, " tutup Arif.

Seperti diketahui, Menhan Prabowo Subianto melakukan silaturahmi ke Jawa Timur saat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Pertama, Prabowo makan malam bersama dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (3/5/2022).

Di hari yang sama, Prabowo juga mengunjungi Kiai Kholil As'ad Pimpinan Pondok Pesantren Walisongo di Situbondo. Selain Kiai Kholil di Situbondo, Prabowo pada hari kedua Lebaran ini juga mengunjungi Kiai Achmad Muzakki Syah, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember.

Seusai bertemu sejumlah kiai dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Prabowo beserta rombongan mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Rabu (4/5/2022).

Dalam kunjungan silaturahmi lebarannya, Prabowo bernostalgia dengan sosok Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur. Bagi Prabowo, Gus Dur adalah sosok yang akrab dengannya hingga begitu berkesan bagi Menhan tersebut. Baca juga: Sholat dan Berdoa di Kamar Mbah Moen, Prabowo Menangis Ingat Pesan Ulama Kharismatik Itu

"Ya Gus Dur adalah sosok pemimpin yang pandangannya jauh ke depan (visioner). Beliau juga merupakan sahabat dan saya adalah tukang pijet beliau. Dan saya kira kedekatan saya dengan almarhum sangat dekat ya," kata Prabowo kepada wartawan.
(kri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1629 seconds (10.101#12.26)