Wujudkan Visi Indonesia Maju, Jokowi Dinilai Beri Perhatian Besar pada Pembangunan Desa

Sabtu, 07 Mei 2022 - 13:45 WIB
loading...
Wujudkan Visi Indonesia Maju, Jokowi Dinilai Beri Perhatian Besar pada Pembangunan Desa
Presiden Jokowi dinilai miliki perhatian besar terhadap pembangunan perdesaan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai memiliki perhatian besar selama dua periode terhadap pembangunan wilayah perdesaan. Program Dana Desa melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) digelontorkan besar-besaran kepada pemerintahan desa.

Hal tersebut dinilai sebagai upaya Jokowi dalam mewujudkan visi Indonesia Maju. Di mana pada visi tersebut membangun dengan prinsip Indonesia Sentris, tidak lagi ada Jawa Sentris. Semua daerah harus mersakan pembangunan dari negara.

Direktur Nagari Developing Center (NDC) Universitas Andalas (Unand) Erigas Eka Putra menilai Jokowi telah memaksimalkan peran pemerintah desa. Anggaran yang diberikan dapat digunakan untuk pembangunan pada karya hingga munculnya ide-ide kreatif dari pemerintahan desa dalam mengelola produk-produk desa. “Pak Jokowi sudah memberikan bantuan, sarana dan prasarana, didukung hubungan dengan pemasaran,” ujar Erigas.

Baca juga: Jokowi Bangun SDM Bangsa, Peningkatan Kualitas Generasi Muda Jadi Perhatian Utama

Erigas mengatakan Jokowi begitu tampak untuk menghadirkan kemajuan daerah dengan menyejahterakan masyarakat desa. Hal tersebut merupakan sebuah langkah yang tepat karena desa merupakan fondasi utama dalam pembangunan daerah.

Baca juga: Detik-detik Kopassus dan Raider Habisi Barok Sang Algojo Poso

Apalagi menurut dia saat ini desa juga dituntut memiliki produk-produk sesuai kearifan lokal yang dapat menjadi identitas bangsa. “Dengan gerakan penggunaan produk lokal tinggal sekarang kesiapan desa dengan dana sebesar itu untuk menghasilkan produk produk yang memiliki nilai unggul,” ujar Erigas.

Karenanya Erigas mengimbau, agar masyarakat dapat sebaik mungkin mengoptimalkan setiap program bantuan dari Jokowi Sebab, jika tidak demikian akan berdampak pada terhambatnya perkembangan desa ke depan.

(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1770 seconds (11.210#12.26)