Komentari Rektor ITK, Mahfud MD: Banyak Profesor yang Tadinya Tidak Berjilbab Menjadi Berjilbab

Minggu, 01 Mei 2022 - 11:02 WIB
loading...
Komentari Rektor ITK, Mahfud MD: Banyak Profesor yang Tadinya Tidak Berjilbab Menjadi Berjilbab
Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Profesor Budi Santosa Purwokartiko. Foto: itk.ac.id
A A A
JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD buka suara ihwal postinganRektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Profesor Budi Santosa Purwokartiko yang dinilai rasis kepada mahasiswi berhijab. Pernyataan Rektor ITK itu pun telanjur viral di media sosial dan menuai polemik.

Mahfud menilai, pernyataan yang disampaikan oleh Budi tidaklah menunjukkan sikap yang bijaksana. "Memuji-muji mahasiswa/mahasiswi hebat hanya karena mereka tidak memakai kata2 agamis, 'Insya Allah, qadarallah, syiar” sebagaimana ditulis oleh Rektor ITK itu juga tidak bijaksana," tulis Mahfud dalam akun Twitter pribadinya, Minggu (1/5/2022).

Bagi Mahfud, tiga kata di atas yang disinggung oleh Budi merupakan sebuah bentuk kebaikan bagi seorang beriman kepada Penciptanya. Hal tersebut berlaku pula bagi pemeluk agama lain.

"Itu adalah kata-kata yang baik bagi orang beriman, sama dengan ucapan Puji Tuhan, Haleluya, Kersaning Allah, dan lain-lain," ujarnya.



Menurut Mahfud, pada tahun periode 1990-an banyak profesor yang tadinya tidak berjilbab menjadi berjilbab. Mereka pun profesor di universitas kenamaan di Indonesia, seperti UI, ITB, UGM, dan IPB.

Dirut Pertamina Nicke Widyawati dan Kepala Badan POM Penny Kusumastuti Lukito juga berjilbab. "Mereka pandai-pandai tapi toleran, meramu keislaman dan keindonesiaan dalam nasionalisme yang ramah," katanya.

Mahfud menjelaskan, pakaian yang Islami itu adalah niat menutup aurat dan sopan. Kata Mahfud, pilihannya pun bisa beragam karena model pakaian adalah produk budaya.

"Tak melulu harus menggunakan cadar atau gamis. Maka itu menuduh orang pakai penutup kepala seperti jilbab ala Indonesia, Melayu, Jawa, dan lain-lain sbg manusia gurun adalah salah besar," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam status di media sosialnya, Budi Santosa bercerita habis menguji sejumlah mahasiswa berprestasi. Dalam tulisannya, dia menunjukkan antiterhadap mahasiswa yang mengucapkan kalimat dalam ajaran Islam seperti insyaallah, barakallah, dan qadarullah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)