Urai Kepadatan Pemudik, Menko PMK: Rekayasa Lalin dan Tambah 2 Pelabuhan

Jum'at, 29 April 2022 - 16:01 WIB
loading...
Urai Kepadatan Pemudik, Menko PMK: Rekayasa Lalin dan Tambah 2 Pelabuhan
Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menjelang Lebaran, berbagai pangkalan moda transportasi mulai dipadati pemudik seperti bandara, terminal, dan stasiun. Tak ketinggalan, jalan tol juga mulai dipadati masyarakat yang hendak kembali ke kampung halaman.

Melihat kepadatan tersebut, pemerintah terus melakukan evaluasi untuk peningkatan pelayanan dan fasilitas moda transportasi selama arus mudik.
Baca juga: Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo Cek Jalur Mudik di Pelabuhan Merak

“Evaluasi perlu dilakukan untuk memantau perkembangan yang mutakhir dan mengantisipasi masalah yang akan menghambat arus mudik. Kita akan focus kaitannya tata kelola lalin terutama semalam yang menjadi puncak mudik,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Jumat (29/4/2022).

Sejauh ini, kepadatan yang menonjol terjadi di sektor darat. Seperti ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek yang sempat mengalami kemacetan pada Kamis (28/4/2022) pagi dan antrean kendaraan di Pelabuhan Merak.

Beberapa rekayasa lalin mulai dilaksanakan untuk mengurangi kemacetan arus mudik. Sistem ganjil genap, pengaturan contra flow dan one way, serta pengalihan jalur yang mulai dilaksanakan tadi malam mulai pukul 17.00 WIB hingga 00.00 WIB.

Sementara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan guna mengantisipasi kepadatan pemudik dan kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten, pemerintah telah menyiapkan Pelabuhan Indah Kiat dan Pelabuhan Bojonegoro untuk angkut truk dan kendaraan besar lainnya.
Baca juga: Tertahan Berjam-jam, Pemudik Sepeda Motor Ngamuk ke Petugas Pelabuhan Merak

“Kedua pelabuhan ini khusus untuk kendaraan logistik. Untuk mengurai kemacetan arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon. Pelabuhan ini khusus melayani kendaraan logistik," kata Budi.

Adapun untuk transportasi kereta api dan udara sampai hari ini terpantau aman dan lancar. Tercatat jumlah penumpang sudah mulai meningkat hingga 100 persen di Stasiun Senen, Stasiun Gambir, dan stasiun di Bandung.

Di Bandara Internasional Soekarno Hatta mengalami kenaikan yang signifikan baik dari penumpang maupun pergerakan pesawat. Jumlah penumpang mengalami kenaikan hingga 80 persen dibanding rata-rata per April pada pergerakan harian.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)