Bantuan Ventilator Dinilai Sangat Dibutuhkan untuk Tangani Pasien Corona

Jum'at, 24 April 2020 - 19:30 WIB
loading...
Bantuan Ventilator Dinilai Sangat Dibutuhkan untuk Tangani Pasien Corona
Salah satu peralatan yang dibutuhkan tim medis di rumah sakit dalam menangani pasien virus corona (Covid-19) adalah alat bantu pernapasan atau ventilator. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Salah satu peralatan yang dibutuhkan tim medis rumah sakit dalam menangani pasien virus corona (Covid-19) alat bantu pernapasan atau ventilator. Untuk mendapatkannya tidak mudah, dibutuhan dukungan sejumlah pihak dalam pengadaan alat kesehatan ini.

Di tengah situasi, Danone Indonesia melalui Danone-Specialized Nutrition (SN) dan Danone-AQUA mendukung pengadaan alat kesehatan berupa 3 (tiga) unit ventilator serta 10.500 boks produk hidrasi kepada Siloam Hospitals Group.

Kerja sama senilai Rp 2 (dua) milar ini dilakukan dalam usaha bersama menanggulangi dampak penyebaran Covid-19 di Indonesia, termasuk membantu tenaga kesehatan dan pasien yang dirawat di rumah sakit.

"Kami berupaya untuk terus berkontribusi positif mulai dari memastikan keberlangsungan pasokan produk esensial bagi masyarakat, pencegahan penyebaran virus," kata Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia di Jakarta, Jumat (24/4/2020).

"Serta mendukung sistem layanan kesehatan dalam penanganan pasien di rumah sakit. Kami ingin terus mendukung pemerintah dan masyarakat Indonesia, melawan penyebaran Covid-19 di Indonesia, termasuk melalui kerja sama dengan rumah sakit yang memegang peranan krusial dalam masa ini," tambahnya.
Bantuan Ventilator Dinilai Sangat Dibutuhkan untuk Tangani Pasien Corona

Sejak awal dimulainya isu kesehatan ini, Danone Indonesia berkomitmen menyalurkan bantuan senilai total Rp30 Miliar dalam beragam bentuk melalui kerja sama dengan berbagai pihak.

Di antaranya kerja sama dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyediakan APD dan sarana sterilisasi, kerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk memproduksi dan membagikan disinfektan dan hand sanitizer, bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk pemerintah dan berbagai rumah sakit, hingga penyediaan makanan bergizi bagi tenaga medis dan kelompok rentan seperti pekerja non-formal lansia, ibu hamil, dan anak-anak berusia di atas satu tahun.

"Kami berharap bantuan ini dapat memperkuat komitmen dan kapasitas Siloam Hospitals Group serta seluruh tenaga kesehatan yang berjuang setiap harinya," tutup Vera.

Dukungan Danone Indonesia kepada Siloam Hospitals Group diberikan dalam bentuk bantuan dana pengadaan ventilator yang menjadi salah satu kebutuhan utama khususnya bagi pasien Covid-19 dengan kondisi tertentu seperti yang mengalami gangguan pernapasan berat, terutama pasien dengan usia lanjut atau memiliki pre existing conditions (kondisi penyakit bawaan) yang memiliki risiko kematian lebih tinggi.

Deputy President Director Siloam Hospitals Group, Caroline Riady, menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, Siloam Hospitals Group merupakan salah satu rumah sakit yang secara aktif membantu pemerintah dalam penyediaan fasilitas untuk membantu penanggulangan Covid-19 di Indonesia.

"Kolaborasi berbagai pihak, termasuk antara perusahaan swasta dan rumah sakit, berperan penting di masa yang krusial ini. Kami menghargai inisiatif dan dukungan dari Danone Indonesia dalam pengadaan ventilator yang merupakan alat bantu pernapasan yang sangat dibutuhkan oleh pasien Covid-19." ujar Caroline.

Tiga unit ventilator ini nantinya akan diberikan kepada dua rumah sakit khusus rujukan COVID-19, yaitu Siloam Hospitals Kelapa Dua dan Siloam Hospitals Mampang. Terlebih dari itu, Danone Indonesia juga mendukung kecukupan hidrasi para tenaga kesehatan dan pasien di rumah sakit dengan mendonasikan 10.500 boks produk air minum dalam kemasan AQUA yang akan tersebar di jaringan Siloam Hospitals di beberapa kota.

Bantuan ini akan mendukung usaha-usaha yang telah dilakukan Siloam Hospitals Group dalam penanggulangan Covid-19 yang saat ini turut terlibat aktif membantu pemerintah dalam usaha menghentikan penyebaran Covid-19 di Indonesia dengan menyediakan pelayanan swab test (dengan pilihan durasi hasil tes 24 jam, 72 jam, dan 7 hari) dan rapid test atau tes antibodi yang juga tersedia di 38 RS Siloam.

Selain pelayanan tes, Siloam Hospitals Group juga telah selesai membangun dan sepenuhnya mengoperasikan dua rumah sakit khusus rujukan Covid-19, yaitu Siloam Hospitals Kelapa Dua (berlokasi di Tangerang dengan kapasitas 214 tempat tidur) dan Siloam Hospitals Mampang (berlokasi di Jakarta Selatan dengan kapasitas 415 tempat tidur).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)