KPU Butuh Rp8 Triliun Tahun Ini untuk Tahapan Awal Pemilu 2024

Selasa, 26 April 2022 - 20:55 WIB
loading...
KPU Butuh Rp8 Triliun Tahun Ini untuk Tahapan Awal Pemilu 2024
Komisioner KPU RI Yulianto Sudrajat. Foto/MPI/Felldy Utama
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) membutuhkan anggaran sebesar Rp8 triliun pada tahun ini untuk menyelenggarakan tahapan awal Pemilu 2024. Anggaran itu nantinya akan digunakan untuk keperluan seperti pendaftaran dan sejumlah tahapan lainnya.

"(Perkiraan) ini Rp8 triliun yang cair tahun ini," ujar Komisioner KPU RI Yulianto Sudrajat di Media Center KPU RI, Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Yulianto menjelaskan, anggaran tersebut direncanakan untuk persiapan pendaftaran partai politik (parpol), verifikasi parpol, verifikasi peserta pemilu, pembentukan badan ad hoc, dan lainnya. Dia menjelaskan secara keseluruhan anggaran untuk penyelenggaaan Pemilu 2024 sebesar Rp76,6 triliun.





Kendati demikian, Yulianto menyampaikan bahwa anggaran ini belum final lantaran pihak pemerintah dan DPR masih meminta KPU untuk melakukan efisiensi. "Sampai berapa sih anggaran yang bisa kita efisiensi? Seperti kita kurangi perbaikan gedung, pembelian tanah beberapa kabupaten, kota, provinsi yang sebenarnya sudah kita alokasikan ya. Nanti kita kerja sama difasilitasi pemerintah daerah setempat," ujarnya.

Dia menambahkan, yang terpenting saat ini KPU juga tengah fokus untuk pengesahan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pemilu 2024. "(PKPU) tahapan ini nanti diputuskan KPU diketok baru kita bicara anggaran, tapi kita sudah siapkan semua. Tapi bahannya sudah ada, akan kita lanjutkan dengan langkah efisiensi," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)