Webinar Perindo: Hadapi Keberagaman, Generasi Muda Harus Edukasi Diri

Jum'at, 08 April 2022 - 17:09 WIB
loading...
Webinar Perindo: Hadapi Keberagaman, Generasi Muda Harus Edukasi Diri
Mahasiswi salah satu perguruan tinggi, Indah Sholihati mengakan generasi muda untuk mengedukasi diri dalam menghadapi keberagaman. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anak muda dinilai memiliki kans besar untuk menjadikan keberagaman sebagai modal untuk lebih maju lagi. Namun, kenyataannya, tidak sedikit generasi muda yang malah ikut terjerumus dalam perpecahan, yang dipicu dari adanya perbedaan.

Mahasiswi salah satu perguruan tinggi, Indah Sholihati dalam Webinar Mingguan Partai Perindo: ‘Ramadan; Momentum Menguatkan Solidaritas Beragama’ memberi trik bagi kalangan milenial dalam menghadapi keberagaman.

Baca juga: TGB: Keberagaman itu sebagai Aset yang Luar Biasa

Indah menjelaskan, dari jumlah agama yang diakui di Indonesia saja, sudah menjadi salah satu perbedaan yang ada di Indonesia. “Apakah ini bisa menyebabkan adanya permasalahan? Tentu sangat bisa. Dan ini seperti piramida permasalahan,” kata Indah.

Baca juga: TGB Dorong Indonesia Jadi Contoh Dunia tentang Keberagaman

Untuk mengikis permasalahan, yang bisa berujung pada perpecahan, Indah menyebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh rekan-rekannya sesama generasi muda. Edukasi diri, jelas dia, jadi hal terpenting untuk menutup peluang terjadinya permasalahan di tengah keberagaman. “Sebagai individu, kita bisa mengedukasi sendiri tentang keberagaman,” jelas dia.

Interaksi, lanjut dia, menjadi sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap orang, untuk bisa memahami keberagaman yang terjadi. Interaksi itu juga sebagai salah satu cara untuk tidak mudah percaya terhadap setiap kabar yang beredar.

“Lalu kita juga harus memberanikan diri untuk berbaur dengan banyak orang, membiasakan diri untuk tidak cepat menilai seseorang. Sehingga kita dapat teredukasi dan aware lagi tentang apa sih itu keberagaman,” papar dia.

(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1449 seconds (10.55#12.26)