Jubir Wiku Tegaskan Covid-19 Varian Omicron XE Belum Masuk Indonesia

Selasa, 05 April 2022 - 17:55 WIB
loading...
Jubir Wiku Tegaskan Covid-19 Varian Omicron XE Belum Masuk Indonesia
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menegaskan, varian baru Omicron XE belum masuk ke Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menegaskan, varian baru Omicron XE belum masuk ke Indonesia. Meskipun, saat ini negara Thailand sudah mengonfirmasi temuan varian baru Omicron XE ini.

“Sejauh ini menurut Kementerian Kesehatan, varian yang ditemukan di Inggris ini belum ditemukan di Indonesia,” tegas Wiku, Selasa (5/4/2022).

Wiku menjelaskan Badan Kesehatan Dunia atau WHO telah menyatakan Omicron XE merupakan gabungan atau rekombinan dari dua varian Omicron yang sudah ada sebelumnya yaitu BA.1 dan BA.2. “Dan berdasarkan data awal didapati bahwa kemampuan penularan Omicron XE sekitar 10% lebih tinggi dari Omicron BA.2,” kata Wiku.



Namun, Wiku mengatakan WHO menekankan perlunya penelitian lebih lanjut terkait penemuan awal ini. “Untuk itu pemerintah selalu memantau dan menggunakan data terkini dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam berbagai penyesuaian kebijakan,” ucapnya.



Wiku pun meminta masyarakat untuk tidak perlu takut berlebih karena rekombinasi virus bukan merupakan hal baru dan sudah banyak terjadi termasuk pada virus selain Covid-19.

“Terlebih lagi ketakutan yang berlebihan pun akan berpengaruh pada imunitas tubuh menghadapi berbagai ancaman penularan penyakit di sekitar kita,” ujarnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2644 seconds (0.1#10.140)