KSAU Ungkap tentang Domain Air Power di Pertempuran Modern, Apa Itu?

Rabu, 30 Maret 2022 - 15:14 WIB
loading...
A A A
"Secara khusus saya meminta agar pada seminar kali ini mengangkat Peperangan Generasi Kelima. Karakter perang generasi kelima akan banyak bertumpu pada aksi atau ancaman non-kinetik. Hal ini dapat berupa disrupsi energi, sosial, dan ekonomi, hingga dis-informasi," ujarnya.

Ditemui di tempat yang lain, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Andi Widjajanto menjelaskan seminar Air Power tersebut merupakan bagian dari program jangka panjang TNI AU yang hendak mengalihkan kekuatan perang generasi ketiga menuju perang generasi kelima di tahun 2024.

"TNI AU mengejar sampai 2024 itu supaya kita beralih dari perang generasi tiga yang perangnya konvensional dengan pesawat tempur, kemudian beralih ke generasi empat hingga menuju perang generasi kelima yaitu sudah multi domain, itu yang dibahas hari ini," ujar Andi kepada wartawan.

Dia menilai kemampuan multi domain ini menjadi kunci guna menghadapi berbagai macam pertempuran. "Teknologi-teknologi lintas domain yang menggabungkan bukan hanya misalnya pesawat tempur dengan rudal tapi dengan mekanisme surveillance," ujarnya.

"Kalau di Angkatan Udara itu pengembangan dari air defense identification zone dan system (ADIS) lalu bagaimana itu nanti dikombinasikan lintas domain dengan apa yang dikembangkan di matra lain (Darat dan Laut)," tambahnya.

Akan tetapi, Andi tetap bersepakat dengan KSAU, yakni pengembangan kekuatan tempur udara kali ini harus diarahakan pada domain cyber dan space.

"Tapi yang paling utama yang nanti dikembangkan di ruang cyber dan ruang antariksa (space) itu menjadi wajib kalau kita memang ingin mengejar perang generasi kelima di matra udara," jelasnya.

Diketahui, seminar internasional Air Power tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh seperti Gubernur Lemhanas RI, Andi Widjajanto; Panglima Koopsud III, Marsekal Muda TNI Samsul Rizal; Pengamat Kebijakan dan Industri Pertahanan, Curie Maharani serta perwakilan pejabat militer luar negeri.

Selain itu turut pula hadir Para pejabat dari Kementerian dan Lembaga Non Kementerian, para Rektor Perguruan Tinggi, para pimpinan BUMN, serta para Direktur Utama Industri Pertahanan Dalam Negeri.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3235 seconds (0.1#10.140)