KSAU Ungkap tentang Domain Air Power di Pertempuran Modern, Apa Itu?

Rabu, 30 Maret 2022 - 15:14 WIB
loading...
KSAU Ungkap tentang Domain Air Power di Pertempuran Modern, Apa Itu?
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Kekuatan tempur domain space power dinilai penting guna menunjang ketangguhan Angkatan Udara (AU) di masa kini. Hal ini dikatakan oleh Kepala Staf Angkatan Udara ( KSAU ) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Baca juga: KSAU Beri Penghargaan Personel Lanud Halim Perdanakusuma

Marsekal Fadjar menyampaikan sejumlah negara seperti Amerika Serikat (AS) hingga Australia, bahkan sudah membentuk organisasi baru untuk mengawal domain antariksa (space).



Marsekal Fadjar menyampaikan hal tersebut saat memberikan sambutan keynote speech pembukaan seminar internasional Air Power yang diadakan di gedung Puri Ardhya Garini Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (30/3/2022).

KSAU menekankan, kekuatan air power terus berevolusi dari awalnya sekadar pesawat kayu hingga pesawat ulang alik antariksa seperti sekarang.

"Kita tidak lagi bisa untuk tidak menghiraukan space power, sebagai salah satu bentuk kekuatan udara yang diimplementasikan di domain antariksa," ujar Marsekal Fadjar saat menyampaikan dalam sambutan seminar berjudul Pembangunan Udara Nasional untuk Menghadapi Ancaman pada Era Perang Generasi Kelima, Rabu (30/3/2022).

Menurut mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II tersebut, evolusi kekuatan tempur udara dan antariksa akan menjadi penentu pertempuran masa depan.

"Sebagai insan dirgantara, kita dapat menyimpulkan bahwa air power adalah kekuatan yang masih dan akan terus berevolusi," tutur Marsekal Fadjar mengungkapkan.

Selain kekuatan space power, Marsekal Fadjar juga menyampaikan urgensi pengembangan kekuatan tempur di bidang teknologi. Hal ini mengingat anjuran Presiden Jokowi yang menginginkan adanya usaha pengembangan transformasi digital.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2017 seconds (0.1#10.140)