Program HEAL Dinilai Solusi untuk Wujudkan Nol Emisi di Indonesia

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:53 WIB
loading...
Program HEAL Dinilai Solusi untuk Wujudkan Nol Emisi di Indonesia
Program Happy Energy Action Leadership dinilai mampu mewujudkan target nol emisi di Indonesia. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Upaya Indonesia untuk mencapai nol emisi bersih di 2060 terbuka lebar. Hal itu menyusul diluncurkannya Program Happy Energy Action Leadership (HEAL).

Program Happy Energy Action Leadership: Energy Transition, Livelihood, Systems, and Blended Finance diluncurkan oleh United In Diversity Foundation bersama Rocky Mountain Institute pada dialog Global Blended Finance Alliance (GBFA) di G20 Bali yang diselenggarakan oleh Tri Hita Karana Forum dan World Economic Forum dalam rangka World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Program ini bertujuan untuk mengatalisasi perubahan sistem yang transformatif demi masa depan energi yang membahagiakan, tangguh, dan berkeadilan dengan cara membekali para pelaku transisi energi baik lokal maupun global dengan kapasitas untuk mengatasi berbagai hambatan sistemik dengan menggunakan pemikiran holistik, dan cara belajar serta pemecahan masalah yang berorientasi pada masa depan, lintas sektoral, dan multidisiplin.



Termasuk mengatalisasi aksi global untuk melindungi, memulihkan, dan meregenerasi sumber daya alam dan lingkungan, serta mengeksplorasi ide-ide dan solusi yang muncul untuk perubahan sistem yang menempatkan alam, masyarakat, dan aksi iklim sebagai fokus utama.

Saat programnya dimulai nanti, HEAL akan mengajak 45 pemimpin di bidang transisi energi dari berbagai sektor - pembuat kebijakan, lembaga keuangan nasional dan multilateral, negara-negara donor, produsen energi, pemerintah daerah, universitas, dan organisasi masyarakat sipil dalam sebuah perjalanan pembelajaran holistik yang berlangsung selama empat bulan.



Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif menyambut baik kehadiran program HEAL. Menurut Arifin, tugas untuk mewujudkan target nol emisi Indonesia menjadi semakin penting saat ini, seiring dengan upaya untuk mengurangi dampak krisis iklim.

”Kita harus memastikan bahwa peluang seperti Just Energy Transition Partnership (Kemitraan Transisi Energi Berkeadilan) dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan global menjaga suhu bumi di bawah 1,5 derajat celcius di atas level pra industri serta mewujudkan transisi energi yang adil dan merata bagi Indonesia,” katanya, Minggu (19/5/2024).

Ini adalah tantangan yang kompleks dan memiliki banyak sisi yang mengharuskan semua pemangku kepentingan untuk bekerja sama untuk menghasilkan solusi inovatif di berbagai bidang. HEAL tidak diragukan lagi akan membantu mempercepat upaya-upaya tersebut dengan menyelaraskan upaya bersama ini.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)
pixels