Cegah Penyelundupan Bahan Pokok Jelang Ramadhan, Bakamla Tingkatkan Patroli di Perairan Karimun

Minggu, 27 Maret 2022 - 01:36 WIB
loading...
Cegah Penyelundupan Bahan Pokok Jelang Ramadhan, Bakamla Tingkatkan Patroli di Perairan Karimun
Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tanjung Balai Karimun dan Satpolairud Karimun menghelat operasi bersama di perairan Karimun, Kepri. Foto: Dok Bakamla
A A A
JAKARTA - Badan Keamanan Laut (Bakamla) melalui Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tanjung Balai Karimun dan Satuan Polisi Air Udara (Satpolairud) Karimun menghelat operasi bersama dalam rangka mencegah terjadinya kelangkaan bahan pokok. Penyelundupan bahan pokok rawan terjadi jelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri di sekitaran wilayah perairan Karimun, Kepulauan Riau.

Kepala SPPKL TBK Letkol Bakamla Slamet Handhi Rahadiyono mengatakan, operasi bersama dilakukan guna memperketat pengawasan pendistribusian dan mengantispasi kelangkaan bahan pangan pokok. Operasi ini memantau seperti beras, minyak goreng, gula serta bahan pokok lainnya.



“Kami bersinergi dengan Satpolairud dalam rangka mengawasi dan menindak setiap upaya penyelundupan bahan pokok di wilayah Perairan Karimun,” ujar Letkol Handhi dalam keterangannya, Sabtu (26/3/2022).

Letkol Handhi juga menyebutkan operasi bersama tersebut akan terus dilakukan sebagai langkah nyata mencegah tindak pidana penyelundupan. “Untuk sasaran utama patroli bersama ini adalah kapal-kapal yang mengangkut bahan-bahan pokok,” ungkapnya.



Kasat Polairud Polres Karimun AKP Binsar Samosir menambahkan, target patroli bersama ini adalah mengecek barang sembako guna memastikan ketahanan pangan saat bulan puasa. AKP Binsar Samosir yang turut dalam operasi bersama menegaskan pengamanan dilakukan pada jalur distribusi sembako di wilayah perairan.



"Kami Satpoliar bersama Bakamla melakukan pengecekan distribusi sembako yang diangkut kapal dari luar menuju Karimun, seperti kapal dari Jakarta dan Riau," katanya.

Saat patroli, dilakukan pemeriksaan beberapa kapal yang mengangkut bahan sembako. Pemeriksaan kapal dilakukan dengan pengecekan barang yang dibawa harus sama dengan daftar barang dari dokumen yang dibawa.

Selain kapal yang mengangkut bahan pokok, kapal nelayan juga tidak luput dari pemeriksaan petugas patroli bersama itu. Hal ini dilakukan guna memastikan keselamatan dan keamanan nelayan saat melaut.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)