Wakil Ketua MPR: Hambatan Permodalan Harus Diatasi untuk Bangkitkan UMKM

Rabu, 23 Maret 2022 - 19:59 WIB
loading...
Wakil Ketua MPR: Hambatan Permodalan Harus Diatasi untuk Bangkitkan UMKM
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan, sektor UMKM dapat dijadikan penggerak kebangkitan ekonomi nasional. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) dapat dijadikan salah satu penggerak kebangkitan ekonomi nasional. Karena itu sejumlah hambatan di sektor UMKM harus segera diatasi agar peluang pertumbuhan ekonomi pascapandemi bisa direalisasikan.

"Pertumbuhan sektor UMKM merupakan bagian penting dalam upaya kita untuk bangkit dari hantaman pandemi lewat pertumbuhan kinerja ekonomi," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Mengurai Hambatan Usaha Kecil Mikro dan Tantangan Kebangkitan Ekonomi Rakyat Pascapandemi, yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (23/3/2022).

Diskusi yang dimoderatori Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI Koordinator Bidang Penyerapan Aspirasi Masyarakat dan Daerah Irwansyah itu menghadirkan pelaku usaha pertanian) Wayan Supadno, pelaku usaha digital Zahra Damariva, Ketua Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA) Tri Mumpuni, dan Presiden Komunitas Tangan di Atas (TDA) 2019-2021, sekaligus owner Malang Strudel Donny Kris Puriyono.



Selain itu, hadir pula Ketua Pusat Inovasi dan Inkubator Bisnis LPPM, Universitas Negeri Jakarta Dianta A. Sebayang dan Direktur Sparklabs Incubation Univiversitas Pelita Harapan yang juga pemerhati UMKM Radityo Fajar Arianto sebagai penanggap.

Menurut Lestari, hantaman pandemi Covid-19 menyebabkan para pekerja di sektor formal terdampak dan banyak yang beralih ke sektor UMKM agar mampu menyambung kehidupan. Fenomena tersebut, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, harus dimanfaatkan dengan berbagai upaya untuk memberi penguatan kepada pelaku-pelaku UMKM agar usahanya bisa berkelanjutan dan berkembang.

Sejumlah hambatan dalam permodalan sebagai salah satu langkah untuk pengembangan usaha, ujar Rerie, harus segera dicarikan jalan keluarnya. Apalagi, kata anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, dalam Pasal 33, UUD 1945, mengamanatkan agar kita membangkitkan ekonomi rakyat yang merupakan sistem untuk mewujudkan kedaulatan masyarakat di bidang ekonomi. Rerie sangat berharap, krisis global pandemi Covid-19, mampu menjadi titik balik untuk mewujudkan kedaulatan ekonomi masyarakat Indonesia.



Pelaku usaha di bidang pertanian, Wayan Supadno menilai Indonesia kurang memiliki kreativitas dalam menyikapi sejumlah hambatan di sektor usaha. Hal itu terlihat dari peringkat kemudahan berusaha Indonesia yang berada pada peringkat 110 dari 132 negara yang disurvei. Akibatnya, jelas Wayan, indeks enterpreunership Indonesia berada pada posisi 94 dari 132 negara.

Melihat kondisi tersebut, Wayan berharap, sejumlah upaya untuk meningkatkan kreativitas dan semangat kewirausahaan masyarakat harus segera dilakukan. Demikian juga dengan perbaikan sejumlah kebijakan di sektor pertanian agar berpihak pada pengembangan sektor UMKM, untuk mewujudkan kedaulatan ekonomi rakyat. Sehingga, potensi ekonomi di bidang pertanian yang dimiliki Indonesia tidak dimanfaatkan oleh bangsa lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5431 seconds (0.1#10.140)