DPR Minta Menag Yaqut Upayakan Kuota Haji Normal 221.000 Jamaah

Rabu, 23 Maret 2022 - 10:47 WIB
loading...
DPR Minta Menag Yaqut Upayakan Kuota Haji Normal 221.000 Jamaah
Komisi VIII DPR meminta Menag Yaqut Cholil Qoumas mengupayakan agar kuota haji Indonesia normal. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah mendapatkan kepastian terkait pemberangkatan haji 2022 M/1443 H saat bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al-Rabiah, beberapa waktu lalu. Meski begitu, Kerajaan Arab Saudi belum memberikan kejelasan kuota jamaah haji untuk Indonesia.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily meminta Menag dapat memastikan kuota haji untuk Indonesia tahun ini.

"Setidaknya mendapatkan kabar tersebut cukup melegakan hati umat Islam, khususnya muslim Indonesia. Yang perlu dipastikan kabar lebih lanjut adalah tentang berapa kuota yang akan diberikan kepada Indonesia," kata Ace dalam keterangannya dikutip, Rabu (23/3/2022).



Menurut politikus Partai Golkar ini, Komisi VIII DPR sangat berharap kepada Pemerintah Kerajaan Arab Saudi segera mengumumkan peraturan Pemerintah Arab Saudi yang mengatur penyelenggaraan haji (taklimatul hajj), sehingga ada kepastian bagi jamaah haji dari luar Saudi. Pihaknya juga berharap Indonesia bisa mendapatkan kuota normal yakni 221.000 jamaah, apalagi sudah 2 tahun tidak ada pemberangkatan haji.

"Kami juga berharap bahwa pemerintah Arab Saudi memberikan kuota normal sebesar 221.000 jamaah Haji Indonesia atau kuota penuh sehingga dapat mempercepat daftar antrean yang tertunda keberangkatan selama dua tahun ini," ujarnya.

Selain itu, Komisi VIII juga meminta kepada Menag Yaqut terus melakukan pembicaraan dengan pihak Arab Saudi tentang kepastian penyelenggaraan haji dan kuota yang diberikan. "Hal ini perlu pembicaraan diplomatik secara intensif dengan pihak yang berwenang menentukan jumlah kuota tersebut," ujar Ace.

Baca juga: Kemenkes Anggarkan Rp327,76 M untuk Kesehatan Haji 2022
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4948 seconds (0.1#10.140)